Penulis Inggris: Dukungan Barat Terhadap Israel Sebab Terjadinya Teror Di Dunia

Roger CohenEramuslim – Seorang penulis kenamaan Inggris, Roger Cohen, menyatakan bahwa dukungan Barat terhadap Israel adalah penyebab terjadinya tindakan teror  yang semakin marak beberapa tahun belakangan ini.

Dalam tulisan yang diterbitkan surat kabar New York Times dengan tema “Jangan memprovokasi umat Islam dengan menggambar karikatur,” Roger Cohen mengatakan, “Siapa sebenarnya yang bertanggung jawab atas aksi teror di dunia pada saat ini.”

Pernyataan ini dilontarkan Cohen menanggapi peristiwa penembakan di sebuah kafe di ibukota Kopenhagen dan sebuah sinagog Yahudi pada hari Sabtu (14/02) kemarin.

Menurut Cohen, ada ada dua pendapat mengenai sebab teror global yang terjadi saat ini:  pertama, Barat bertanggung jawab atas dukungannya terhadap Israel, meluncurkan perang di Irak, kebrutalan di Guantanamo dan Abu Ghraib, pembunuhan warga sipil dengan drone, dan menghalahkan segala cara untuk mendapatkan minyak.

Pendapat kedua, adalah kegagalan para pemimpin Arab untuk membawa rakyatya menuju kesejahteraan dan keadilan yang di inginkan oleh setiap masyarakat, baik dari segi keamanan, harapan, penciptaan lapangan kerja sehingga menarik para pemuda untuk bergabung dengan organisasi seperi Negara Islam.

Cohen merasa bahwa peningkatan ancaman pembalasan global adalah akibat dari sikap politik dan majinalisasi Eropa Islam dan komunitas Muslim, yang pada gilirannya diskriminasi berujung pada bergabung beberapa ribu kaum muda Muslim Eropa kedalam jajaran mujahidin Negara Islam.

Hal ini belum ditambah lagi dengan seruan pemimpin Israel yang menyerukan hijrah warga Yahudi Eropa Ke Israel, ditengah penjajahan dan perampasan tanah Palestina oleh Zionis Israel. (Shorouk/Ram)