Penulis AS Ungkap Hubungan Terselubung Maroko-Zionis israel

Raja Hassan IIEramuslim – Seorang penulis dan peneliti dari Institut Washington untuk Kebijakan Timur Tengah, Fitch Sktevel, menyatakan bahwa Maroko adalah teman rahasia bagi Zionis Israel di negara-negara Arab, meskipun keduanya tidak memiliki hubungan diplomatik.

Pernyataan ini disampaikan Fitch Sktevel dalam tulisannya di sebuah artikel yang diterbitkan pada 21 Desember 2013, mengenai nasionalisme Maroko terhadap bangsa Arab dan Zionis Israel.

“Memang Maroko dan Zionis Israel tidak memiliki hubungan diplomatik, akan tetapi kerjasama kedua negara telah terjalin sejak era presiden Mesir Gamal Abdel Nasser dan berlanjut hingga Raja Hassan II,” tulis Fitch Sktevel.

Fitch Sktevel melanjutkan, “Zionis Israel menganggap pemerintah Rabat adalah pintu masuk bagi bangsa Yahudi untuk berdamai dengan Arab, sedangkan Maroko menganggap Tel Aviv adalah pintu utama bagi mereka untuk mendekati Amerika Serikat.”

Hal senada juga diungkapkan mantan pejabat dinas intelijen Israel “Mossad”, Yossi Alpher, yang mengatakan bahwa Maroko, Turki, Ethiopia, Sudan, Yunani, Lebanon, Irak dan Sudan Selatan adalah sekutu paling penting sejak Zionis Israel berdiri. (Rassd/Ram)