Militer AS Akan Tinggalkan Humvee Pada Tahun 2016 Mendatang

060322-N-5438H-018 Salah Ad Din Province, Iraq (March 22, 2006) Ð U.S. Army soldiers assigned to the Bravo Battery 3rd Battalion 320th Field Artillery Regiment along with Iraq Army soldiers from the 1st Battalion 1st Brigade 4th Division perform a routine patrol. U.S. Navy photo By Photographers Mate 3rd Class Shawn Hussong (RELEASED)

Eramuslim – Selasa 25 Agustus 2015, Departemen Pertahanan AS (Pentagon) mengumumkan akan mulai meninggalkan kendaraan lapis baja ringan “Humvee” buatan AM General dan Lockheed Martin, dan beralih kendaraan militer baru buatan Oshkosh Corporation.

Dalam keterangan di hadapan wartawan, Pentagon beralasan bahwa pemilihan kendaraan militer buatan Oshkosh Corporation karena desain dan kekuatannya yang dapat diplot sebagai kendaraan taktis ringan.

Sejumlah informasi menyebutkan bahwa Pentagon dan Oshkosh Corporation telah menandatangani kesepakatan pembelian ribuan unit mobil yang belum mau diungkapkan namanya tersebut senilai 6,7 miliar dolar AS.

Pentagon sendiri memperkirakan bahwa angkatan darat AS akan memesan sebanyak 49.099 kendaraan taktis ringan dari dari Oshkosh Corporation hingga tahun 2040 mendatang. Sedangkan angkatan laut AS diperkirakan hanya memesan 5500 kendaran dalam periode yang sama.

Rencananya produksi kendaraan tersebut akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2016 mendatang, dengan 17 ribu lebih kendaraan yang telah dipesan terlebih dahulu oleh angkatan darat dan laut AS. (Alarabiya/Ram)