Pentagon: Pelatihan Pejuang Moderat Dimulai 4-6 Pekan Mendatang

pejuang moderat suriahEramuslim – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) mengatakan bahwa pelatihan militer pejuang moderat Suriah akan dimulai dalam 4 sampai 6 pekan mendatang, seperti dilansir dari juru bicara Dephan AS, Laksamana John Kirby.

Sebelumnya pemerintah Ankara menyatakan bahwa pelatihan pejuang moderat Suriah akan dimulai pada awal Maret mendatang, setelah menandatangani kesepakatan antara Washington dan Ankara untuk melatih dan mempersenjatai pejuang moderat Suriah pada 19 Februari lalu.

Dalam penjelasannya, Laksamana John Kirby mengatakan bahwa pelatihan tersebut di undur karena proses kualifikasi program pelatihan belum lengkap.

“Yang lulus tahap seleksi sejauh ini hanya sekitar 100 pejuang, sementara program pelatihan membutuhkan partisipasi antara 200-300 orang setiap batch pelatihan,” ujar Laksamana John Kirby.

Pemerintah Ankara menginginkan program pelatihan dan mempersenjatai pejuang moderat Suriah bertujuan untuk menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang menjadi penyebab konflik berkepanjangan di Suriah. (Skynewsarabia/Ram)