Pensiunan Jenderal AS Sebut Saudi Akan Segera Gelar Invasi Darat Ke Yaman

saudi forceEramuslim.co – Pensiunan Mayor Jenderal Angkatan Darat AS, James Marks, memprediksi koalisi regional yang dipimpin Arab Saudi akan segera menggelar invasi darat terhadap pemberontak Syiah Houti dan sekutunya di Yaman, dalam wawancaranya dengan stasiun televisi CNN.

James Marks beralasan bahwa operasi darat harus dilakukan oleh koalisi regional Arab mengingat serangan udara saja tidak akan cukup dalam memerangi pemberontak Syiah Houthi dan sekutunya.

“Sampai saat ini Arab Saudi ingin memastikan kemampuannya untuk melindungi perbatasannya, oleh karena itu mereka mengerahkan sebagian besar pasukannnya disepanjang perbatasan Yaman,” ujar James Marks dalam wawancaranya.

Menurutnya serangan darat ke Yaman semua akan bergantung dari keputusan Abed Rabbo Mansour Hadi yang saat ini berada di ibukota Riyadh, dan Saudi telah banyak belajar dari invasi koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat di Irak dan Suriah dalam menghadapi Negara Islam.

“Saya berpikir mungkin Saudi akan menawarkan langkah-langkah tambahan untuk memaksakan solusi dialog nasional antara kelompok bersenjata di Yaman. Hal ini  disebabkan ketidak mampuan Hadi untuk kembali ke ibukota dan mengembalikan stabilitas di Yaman,” tambah James Marks. (Cnnarabic/Ram)