Pengungsi Suriah Di Turki Capai 600 Ribu Orang

pengungsi suriah- turkiMenurut data yang dikeluarkan oleh pihak berwenang Turki, jumlah pengungsi Suriah di negara Turki sampai bulan Oktober ini tercatat sebanyak lebih dari 600 ribu orang pengungsi, 400.000 orang diantarnya tinggal diluar tempat penampunga.

Seperti dikutip oleh kantor berita Reuters dari juru bicara Badan Manajemen Darurat dan Bencana Turki, Mustafa Oedogdo , mengatakan bahwa “pemerintaha Turki telah melakukan penelitian sebelum liburan Idul Adha kemarin, dan hasilnya menunjukkan bahwa jumlah pengungsi Suriah naik melebihi enam ratus ribu orang pengungsi.

Mustafa menambahkan, “dua ratus ribu warga Suriah yang tinggal di 21 kamp semua terletak di sebelah selatan Turki, sedangkan yang tinggal di luar kamp sebagian besar terpaksa mengungsi ke kota-kota di perbatasan Turki – Suriah ataupun ke tempat kerabat mereka di Turki.

Turki Dan Suriah memiliki panjang perbatasan yang berjarak sekitar 900 km.

Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada bulan Agustus lalu, bahwa negaranya telah menghabiskan sekitar dua miliar dolar bagi para pengungsi Suriah di Turki.

PBB memperkirakan jumlah pengungsi di Suriah pada tahun 2014 nanti akan mencapai 1 juta orang pengungsi Suriah di Turki, dan 2,25 juta orang akan mengungsi ke kota-kota di dalam Suriah. (Aljazeera.lndk)