Pengadilan Pidana Internasional Tuntut Pemerintah Libya Serahkan Saif al – Islam Gaddafi Ke Mahkamah Internasional

saif islamgaddafiMahkamah Pidana Internasional meminta pihak berwenang libya untuk menyerahkan anak mantan penguasa libya Muammar Gaddafi ke Deen haag untuk diadili atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Permintaan ini disampaikan langsung oleh Jaksa Agung dari Mahkamah Pidana Internasional, Fatou Bensouda, pada hari Kamis (14/11) kemarin.

Bensouda juga mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menekan Tripoli , dan meminta kewenangan untuk mencapai data percakapan telepon dan transfer dana yang melibatkan anggota keluarga Gaddafi dan sekutunya.

Sebelumnya pemerintah Libya telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah siap untuk menyerahkan ke Mahkamah Kriminal Internasional ( ICC ) bukti baru mengenai Saif al-Islam, tapi Bensouda meminta pemerintah Libya untuk lebih menghormati permintaan Pengadilan Internasional.

Bensouda mengatakan bahwa ” pertimbangan politik tidak memiliki tempat ketika hukum diterapkan dalam keadaan netral dan independen. Saya sangat mendesak pemerintah Libya untuk menyerahkan Saif al – Islam Gaddafi ke pengadilan tanpa penundaan lebih lanjut .” (skynewsarabia/lndk)