Pemilu Suriah: Anggota Parlemen Suriah Resmi Mendaftar Sebagai Kandidat Pertama Capres Suriah

kandidat capre pertamaSeorang anggota parlemen resmi mengajukan diri sebagai kandidat capres pertama dalam pemilu yang digelar 3 Juni mendatang, seperti dilansir kepala Parlemen Suriah Muhammad Jihad Laham hari Rabu (23/04) kemarin.

Maher Abdel Hafiz Hajjar seorang anggota parlemen asal kota Aleppo lahir tahun 1968, resmi mengajukan registrasi bernomor 1 tanggal 22 April 2014 sebagai salah seorang kandidat Capres Suriah.

Dalam ayat ketiga Pasal 85 dari Konstitusi baru yang telah direferendum pada bulan Februari 2012 lalu menyatakan “calon presiden harus mendapat dukungan tertulis dari 35 anggota parlemen Suriah, satu anggota parlemen hanya berhak memberikan suaranya untuk satu orang kandidat.”

Hingga kini Presiden Suriah Bashar al Assad belum resmi mengumumkan pencalonannya dalam pilpres mendatang, akan tetapi dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Agence France Presse pada bulan Januari kemarin Assad sempat melontarkan keinginananya untuk kembali maju dalam burs pilpres mendatang. (Skynewsarabia/Ram)