Obama Akan Pindahkan Tahanan Guantanamo ke Penjara Militer AS.

tahanan guantanamoEramuslim – Sabtu 15 Agustus 2015, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) mengirimkan satu tim ke penjara militer di negara bagian Kansas dan Carolina Selatan, sebagai bagian dari rencana memindahkan sejumlah tahanan Guantanamo ke dalam penjara militer AS.

Seperti dilansir dari kantor berita Fox News dan CNN dari sumber di Pentagon mengatakan, “Kami telah memberitahu Kongres pada hari Jum’at (14/08) kemarin mengenai rencana pemindahan tahanan Guantanamo ke penjara militer milik AS.”

Sumber tersebut menambahkan, “Kami telah mengunjungi dan memeriksa penjara militer di Fort Leavenworth, Kansas, pada pekan ini, dan bermaksud untuk memeriksa penjara angkatan laut AS di Charleston, Carolina Selatan dalam beberapa pekan mendatang.”

Di sisi lain, Kongres AS menyatakan mengutuk ide transfer tersebut karena dianggap akan menjadi permasalahan baru HAM yang akan dihadapi oleh pemerintah AS.

Penutupan penjara Guantanamo sendiri dicetuskan Presiden AS Barack Obama pada tahun 2009 lalu, dan kini baru sekitar 60% lebih yang dapat terealisasi sebelum berakhirnya masa jabatan periode ke dua pada tahun 2016 mendatang. (Rassd/Ram)