Pemerintah Kudeta Mesir Sedang Lakukan Negosiasi Untuk Membeli Gas Alam Israel Melalui Siprus

kilang gasYayasan Midle East Monitor mengungkapkan adanya rencana pembelian gas alam Israel yang ditemukan di Laut Mediterania melalui Siprus.

Seperti dilansir dari surat kabar Israel Haaretz pada minggu ini, perusahaan Noble Energy AS – yang mengembangkan ladang gas Leviathan di Laut Besar berencana untuk menargetkan pasar ekspor ke negara terdekat seperti Mesir dan Yordania.

Laporan ini menambahkan bahwa jika rumor ini terbukti benar ini akan menjadi pembalikan peran antara Mesir dan Israel, tercatat pada awal tahun 2012 lalu Israel masih mengimpor gas alam dari Mesir, dimana hampir 45 % dari konsumsi gas Israel berasal dari Mesir .

Kesepakatan untuk mengekspor gas alam Mesir ke Israel pertama kali di tandatangani pada masa pemerintahan mantan Presiden Hosni Mubarak , di mana gas dipompa melalui pipa yang membentang antara El – Arish dan Ashkelon.

Kesepakatan ini batal pada tahun 2012 lalu setelah terjadinya penggulingan Husni Mubarak, karena adany sengketa komersial antara pemerintahan Mursi dengan Israel.” (aljazeera/lndk)