Pemerintah Australia Siap Tampung 4400 Tambahan Pengungsi Asal Irak Dan Suriah

FRANCE-SYRIA-REFUGEESPemerintah Australia menyatakan kesiapannya untuk menampung sekitar 4.400 warga pengungsi asal Irak dan Suriah, seperti diungkapkan Menteri Imigrasi Scott Morrison hari Minggu (17/08) kemarin.

Morrison menyatakan bahwa kebijakan pemerintahnya bertujuan untuk lebih banyak menyelamatkan nyawa para imigran yang datang ke Australia melalui jalur laut, di bawah program kemanusiaan dunia.

“Nantinya sebanyak 2200 orang akan dikhususkan bagi mereka yang melarikan diri akibat konflik bersenjata di wilayah Irak utara, dan sebanyak 2200 lainnya akan dikhususkan untuk pengungsi Suriah termasuk mereka yang hidup dalam kondisi sulit di negara-negara pengungsian seperti Lebanon,” ujar Menteri Imigrasi Australia.

Perlu diketahui setiap tahunnya pemerintah Australia menerima 13,750 imigran yang berasal dari berbagai negara konflik di Timur-Tengah dan Afrika.

Tercatat tahun 2013 lalu Australia telah menerima lebih dari dari seribu pengungsi asal Suriah, 2000 dari Irak, 2754 Afghanistan dan lebih dari 1.800 oarang asal Burma.

Sebelumnya pemerintah Australia mengumumkan menolak untuk menerima pengungsi baru masuk kedalam wilayah teritorialnya. (Skynewsarabia/Ram)