Pemberontak Syiah Houthi Kembali Luncurkan Rudal Scud Ke Arab Saudi

scud-missile-launcherEramuslim – Sebuah rudal Scud kembali diluncurkan sekutu pemberontak Syiah Houthi Yaman ke wilayah selatan Arab Saudi pada hari Rabu (26/08) kemarin, seperti dilansir saluran televisi Syiah Houthi.

Dalam keterangan saluran televisi Al Masirah menyatakan bahwa rudal tersebut di arahkan ke pangkalan militer yang berada di kota Jizan, sebelah selatan Arab Saudi.

Senada dengan saluran televisi Al Masirah, sejumlah warga juga menuturkan bahwa mereka mendegar suara dengungan seperti mesin pesawat yang sangat keras, lalu di ikuti bunyi ledakan yang berasal dari istana kepresidenan dan gudang senjata militer Yaman.

Militer Arab Saudi dalam pengumumannya pada Rabu siang menyatakan berhasil menembak jatuh rudal Scud yang diluncurkan dari ibukota Yaman tersebut.

Sedikitnya 2 rudal Scud telah diluncurkan pemberontask Syiah Houthi dan sekutunya sejak koalisi regional menggelar operasi militer di Yaman pada 26 Maret lalu.

Rudal Scud sendiri adalah serangkaian rudal balistik taktis yang dikembangkan oleh Uni Soviet selama Perang Dingin dengan sejumlah varian, dan mampu menjangkau jarak 180 km (110 mi) untuk jenis rudal tipe Scud A, 300 km (190 mi) untuk tipe Scud B, 550 km (340 mi) untuk tipe Scud C, dan 700 km (430 mi) untuk tipe Scud D. (Almasryalyoum/Ram)