Pemberontak Syiah Houthi Klaim Tembak Jatuh F-16 Milik Maroko

f-16 saudiEramuslim.com – Senin 11 April 2015, kelompok pemberontak Syiah Houthi akhirnya mengaku bertanggung jawab atas pesawat militer F-16 milik Maroko yang ditembak jatuh di kota Saada pada hari Minggu (10/05) kemarin.

Seperti dilansir Yaman Press dari seorang pemuka Syiah Houthi terkemuka mengatakan, “Kamilah yang menjatuhkan pesawat militer Maroko di provinsi Saada di sebelah utara ibukota Sana’a.”

Ketika ditanya mengenai nasib pilot pesawat, pemimpin Houthi yang tidak mau disebutkan namanya tersebut menyatakan bahwa hingga berita ini diturunkan dirinya dan milisi Syiah Houthi belum mendapat informasi mengenai nasib pilot pesawat naas tersebut.

Sementara itu dalam siarannya pada hari Senin kemarin, stasiun televisi Almasirah memperlihatkan puing-puing pesawat F-16 yang ditembak jatuh pemberontak Syiah Houthi di daerah pegunungan tandus utara Yaman.

Minggu malam militer Maroko mengumumkan hilangnya sebuah pesawat tempur jenis F-16 dalam operasi militer koalisi regional Arab di provinsi Saada Yaman pada pukul 18.00 sore waktu setempat.

Berikut cuplikan video tersebut;

https://www.youtube.com/watch?v=80ECEExgcGQ