PBB Serukan Komisi HAM Internasional Lakukan Penyelidikan Kejahatan Perang Di Yaman

pengungsi yaman 2Eramuslim.co – Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa menyerukan Komisaris Hak Asasi Manusia di PBB untuk segera melakukan penyelidikan atas serangan bom yang menargetkan rumah sakit dan sekolah di Yaman.

Dalam keterangannya hari Selasa (14/04) kemarin, Komisaris PBB untuk Hak Asasi Manusia, Zeid Ra’ad Al-Hussein, mengatakan, “Pemboman terhadap rumah sakit dan sekolah adalah kejahatan perang, mereka yang bertanggung jawab harus segera diseret ke meja hijau.”

Selain itu Komisaris PBB untuk urusan HAM mendesak seluruh pihak yang bertikai untuk menghormati hukum dan hak asasi manusia selama perang berlangsung.

Menurut data yang dikeluarkan kantor PBB untuk Urusan Kemanusiaan menyatakan bahwa serangan yang telah berlangsung sejak 26 Maret lalu telah menewaskan lebih dari 700 orang dan 3.000 lainnya terluka, serta lebih dari 121 ribu warga mengungsi.

Provinsi Hajjah menjadi provinsi terbesar di Yaman yang menampung sekitar 60 ribu pengungsi, sedangkan sisanya berada di provinsi Amran sebanyak 30 ribu jiwa serta di provinsi Saada sebanyak 18.600 jiwa. (Bbcarabic/Ram)