PBB : Kami Butuh 16 Miliar Dolar AS Untuk Bantu Pengungsi Di Seluruh Dunia

pengungsi anakBadan Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan bahwa dunia memerlukan dana sekitar 16 miliar dolar AS, untuk mendukung operasi kemanusiaan di berbagai belahan dunia pada tahun 2015 mendatang.

Menurut PBB dana ini akan digunakan untuk membantu lebih dari 57 juta orang yang membutuhkan di seluruh dunia, setengahnya diperkirakan akan dibunakan untuk membantu korban konflik di Suriah.

Sebelumnya pada bulan November lalu, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Antonio Guiterres, mengatakan mereka terpaksa memotong jatah makanan para pengungsi Suriah karena tidak memiliki cukup dana untuk membantu mereka.

Tercatat PBB membutuhkan dana sebesar 2,8 miliar dolar AS untuk membantu pengungsi Suriah di dalam negeri, dan sebesar 4,4 miliar dolar AS untuk lebih dari 3.250.000 pengungsi Suriah di negara-negara tetangga.

Sementara Komisaris Tinggi PBB untuk urusan Kemanusiaan, Valerie Amos, mengatakan “Tingkat kebutuhan melebihi kemampuan kita untuk mencukupi.”

Menurutnya pusat krisis akan tetap berada di Republik Afrika Tengah, Irak, Sudan Selatan, dan Suriah di tahun 2015 mendatang, selain Afghanistan, Republik Demokratik Kongo, Myanmar, Palestina, Somalia, Sudan, Ukraina dan Yaman yang akan menjadi perhatian tambahan di 2015. (Bbcarabic/Ram)