Pawai Pride LGBT di New York Rusuh, Jadi Ajang Baku Hantam

Multiple brawls break out at Washington Square Park during Pride  celebration: video

Eramuslim.com – Perkelahian dan kericuhan terjadi di pawai Pride LGBT yang digelar di Washington Square Park, New York, AS pada Minggu. Upaya polisi untuk mengendalikan kerumunan pendukung LGBT itu tak membuahkan hasil, menurut sejumlah video yang beredar di sosial media.

Salah satu video memperlihatkan perkelahian dan saling jambak antara sejumlah orang sementara sebagian besar lainnya menonton dengan gembira. Bahkan tak sedikit dari mereka yang langsung mengeluarkan ponsel untuk merekam pertikaian tersebut.

Namun, baku hantam tidak hanya terjadi di satu titik itu saja. Di area lain, masih di Washington Square Park, nampak dua pria muda saling melempar tinju ke arah satu sama lain sebelum salah satunya terjatuh ke tanah.

Beberapa detik kemudian, dua orang wanita tiba-tiba saling memukul satu sama lain sementara beberapa orang yang menyaksikan berusaha melerai perkelahian tersebut, menurut video lain.

Sementara, rekaman lain memperlihatkan seorang wanita berkemeja putih tampak mengeluarkan dari wajahnya sedang berhadap-hadapan dengan seorang rekannya di tengah kerumunan orang yang bersorak.

Pertengkaran lain yang terjadi termasuk seorang wanita yang mendorong seorang wanita lain dari tepi air mancur ikonik taman, sementara seorang wanita lainnya menarik seorang wanita berkemeja merah muda ke tanah dan menjambak rambutnya. Wanita muda berbaju merah muda itu terus diseret oleh rekannya sebelum akhirnya orang lain ikut membantu.

Tidak hanya kekerasan, sejumlah aksi tidak senonoh juga ditampilkan oleh mereka. Termasuk aksi sejumlah wanita yang menari-nari di atas kendaraan berwarna putih dan satu orang yang menindih tiang lampu dan memanjat ke atas, menurut beberapa rekaman video.

Video lain menunjukkan petugas polisi berusaha mengendalikan kerumunan orang yang tidak terkendali dengan memasang barikade di sekitar taman ketika beberapa orang yang tidak dikenal bergegas ke sana.

Saat malam tiba, NYPD memutar rekaman pengeras suara yang mengumumkan penutupan Washington Square Park dan memerintahkan orang-orang untuk pergi – yang mengarah pada perdebatan antara polisi dan pengunjung taman.

Tidak segera jelas apakah ada penangkapan yang terjadi sebagai akibat dari perkelahian tersebut.

Sebelum keributan terjadi, Kota New York merayakan Pride Parade ke-54 dengan ribuan orang yang ikut serta dalam perayaan hak-hak LGBT di Greenwich Village.

Selama perayaan tersebut, para pengunjuk rasa anti-Israel memblokir pawai untuk sementara waktu sebelum mereka diangkut oleh polisi di dekat Stonewall Inn yang bersejarah, yang dianggap sebagai tempat kelahiran gerakan hak-hak kaum gay.

Polisi menangkap 22 orang selama protes tersebut – 16 orang di antaranya diberi surat tilang dan dibebaskan, sementara enam orang lainnya tetap ditahan pada Minggu malam.

Beri Komentar