Paus Fransiskus Serukan Semua Pihak Jangan Tutup Pintu Bagi Pengungsi

pausEramuslim.com – Pemimpin gereja Katolik Roma Paus Fransiskus mengkritik individu maupun lembaga yang menolak membantu para pengungsi yang tengah mencari perlindungan.

Kata Paus, pihak-pihak yang melakukan hal seperti itu harus segera meminta pengampunan Tuhan.

“Saya mengundang anda semua untuk mencari pengampunan bagi orang dan institusi yang menutup pintu bagi orang-orang yang mencari keluarag dan mencari perlindunga,” kata Paus dalam audiensi mingguannya seperti dimuat Reuters (17/6).

Pernyataannya itu dibuat di tengah perdebatan di Eropa terkait sikap yang perlu diambil dalam menghadapi krisis migran yang tengah terjadi.

Perlu diketahui, ribuan migran dari Timur Tengah dan Afrika datang ke Eropa melalui laut Mediterania dan masuk ke Italia. Negara-negara Eropa lain seperti Perancis dan Austria memperketat pengawasan migran di perbatasan  Paus menyebut, para pengungsi yang angkat kaki dari rumahnya akibat konflik itu haruslah dibantu dan bukan diterlantarkan.

“Saudara-saudara kita yang mencari perlindungan jauh dari tanah mereka, Mereka sedang mencari rumah di mana mereka bisa hidup tanpa rasa takut,” tandasnya.(rz)