Inggris Kembali Gelar Operasi Militer Di Afghanistan

SAS inggrisEramuslim – Seorang sumber pemerintahan Kabul mengungkapkan bahwa pasukan Inggris kembali berpartisipasi dalam operasi militer melawan gerakan bersenjata Taliban, setelah sebelumnya hanya bertugas untuik pasukan pemerintah Afghanistan.

Dalam keterangannya kepada kantor berita Kama, sumber pejabat tinggi Afghanistan yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, “Dalam 6 bulan terakhir pasukan khusus Inggris telah berubah dari unit pelatihan pasukan pemerintah menjadi unit taktis operasi bersama pasukan pemerintah.”

Sumber tersebut menambahkan, “Tidak hanya sampai disana, dari informasi yang di dapat dari sumber militer Inggris menyatakan bahwa mereka berencana bersama pasukan khusus AS untuk memimpin operasi kontra-terorisme melawan kelompok Taliban Afghanistan.”

“Memang kami memiliki pasukan khusus yang bersemangat untuk menggelar operasi kontra-terorisme terrhadap Taliban, akan tetapi ini hanya semangat karen kami tidak memiliki kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan operasi tersebut. Tentunya bantuan Inggris dan AS akan sangat menguntungkan bagi kami,” ujar sumber tersebut.

Inggris sendiri menarik pasukan militer terakhirnya dari Afghanistan pada 27 Oktober tahun 2014 lalu, sebelum akhirnya kembali pada awal tahun 2015 untuk melatih pasukan pemerintah. (Dostor/Ram)