Pasca Eksekusi Mati Moaz Kasasbeh, AS Tambah Bantuan Keuangan Ke Jordania

militer jordanEramuslim – Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan niatnya menambah bantuan keuangan kepada pemerintahan Jordania, sebagai upaya mendukung pemerintah Jordan memerangi milisi Negara Islam dan  membantu pengungsi Suriah.

Dalam pernyataan Departemen Luar Negeri AS pada hari Selasa (03/01) kemarin menyatakan bahwa pemerintah Obama akan menambah bantuan ke Yordania dari 600 juta dolar AS menjadi 1 miliar dolar AS di tahun 2015, 2016, dan 2017.

Sejumlah pengamat menyatakan bahwa penambahan bantuan ini berkaitan dengan eksekusi pembakaran letnan Moaz al Kasabeh oleh milisi Negara Islam pada hari Selasa (03/02) kemarin. Akan tetapi Deplu AS menyatakan bahwa penambahan ini telah disetujui oleh kongres AS sebelum IS menyebarkan rekaman video tersebut ke internet.

Letnan Moaz Kasabeh ditangkap pada bulan Desember 2014 lalu, setelah pesawat jet yang ditumpanginya diklaim ditembak jatuh milisi Negara Islam di dekat kota Raqaa Suriah.

Dalam rekaman yang banyak beredar di internet memperlihatkan bahwa milisi Negara Islam membakar hidup-hidup Moaz Kasasbeh, setelah pemerintah Jordan menunda pelepasan tahanan wanita Sajida al-Rishawi asal Irak untuk menjamin keselamatan pilot mereka yang ditahan organisasi. (Alarabiya/Ram)

Artikel ini bekerjasama dengan eramuslim digest :

Resensi Buku : Jejak Berdarah Yahudi Sepanjang Sejarah , Eramuslim Digest