Partai Demokrat : Tidak Akan Ada Invasi Darat AS Ke Irak

U.S. President Obama departs after delivering statement from Martha's Vineyard, MassachusettsTidak akan ada perang darat yang dilancarkan Amerika Serikat terhadap militan Negara Islam di Irak, begitulah bunyi sebuah surat yang dikirim oleh anggota Senat dari partai Demokrat kepada Presiden Barack Obama hari Kamis (11/12).

Ini merupakan jawaban penting dari Senat partai Demokrat, pasca pembahasan Komite Luar Negeri di Senat mengenai kemungkinkan penggunaan kekuatan militer melawan ISIS dan menarik keterlibatan militer Amerika yang dimulai Agustus lalu.

Presiden Komite dari Partai Demokrat, Robert Menendez, mengatakan “mungkin akan ada pasukan darat di lapangan, akan tetapi bukan pasukan Amerika.”

Obama sendiri secara sepihak telah melanggar konstitusi AS dengan mengumumkan perang di luar negeri, yang seharusnya menjadi hak preogratif Senat AS.

Tercatat sekitar 3100 personel militer AS telah dikirim Obama ke Irak, untuk membantu pasukan pemerintah Irak dalam perang melawan milisi Negara Islam.

Perlu diketahui bahwa Partai Republik sendiri menentang Obama untuk mengerahkan pasukan daratnya ke Irak , pasca berhasil menguasai mayoritas kursi di parlemen Amerika Serikat.

Diperkirakan invasi AS ke Irak akan terus menjadi perdebatan anggota Senat AS dalam tahun 2015 mendatang, setelah sejumlah anggota Senat Partai Republik seperti Senator John McCain mendukung langkah presiden Obama. (Alarabiya/Ram)