Parlemen Eropa Sebut Perdana Menteri Irak Lancarkan Genosida Terhadap Kaum Sunni Irak

struanAnggota parlemen Eropa menuding Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki tengah melancarkan upaya genosida terhadap kaum Sunni Irak, dengan melancarkan operasi militer di provinsi Anbar di sebelah barat Irak.

Struan Stevenson yang memimpin delegasi Parlemen Eropa untuk hubungan dengan Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin (20/01), “Nuri al Maliki sengaja melancarkan kampanye teroris sesat di semua provinsi kaum Sunni Irak.”

Struan menambahkan “operasi militer yang dilakukan oleh pemerintah Nuri al Malik di kota Fallujah dan Ramadi di provinsi Anbar merupakan fase terakhir dari kampanye Nuri al – Maliki untuk menghilangkan oposisi terhadap rezimnya sebelum pemilihan pada 30 April mendatang.

Struan Stevenson sendiri merupakan perwakilan Skotlandia di Parlemen Eropa.

Mantan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Robert Gates , dalam sebuah tayangan televisi juga turut menuding perdana menteri Irak ingin melakukan dominasi Syiah dengan kekuasaan absolut terhadap mayoritas Sunni Irak.

Tudingan pemerintah Irak terhadap suku militan Sunni berafiliasi dengan jaringan teroris al Qaeda dibantah keras oleh para pemuka suku-suku militan di provinsi Anbar. Mereka menyebut tudingan perdana Menteri Irak sebagai kampanye untuk mendukung langkahnya memusnahkan kaum Sunni di Irak.

Ribuan warga sipil dilaporkan mengungsi ke daerah aman di provinsi Anbar , dan ratusan orang lainya tewas akibat konflik bersenjata yang berlangsung sejak akhir Desember lalu. (Aljazeera/Ram)