Panglima Militer AS Di Irak: Iran Berperan Penting Dalam Kerusuhan Di Irak

George CaseyPanglima pasukan AS di Irak Jenderal George Casey menyebut adanya keterkaitan erat antara milisi Syiah Irak dengan Qods Force yang merupakan unit pasukan khusus Pengawal Revolusi Iran.

Casey menjabat pemimpin militer AS di Irak antara tahun 2004 -2007 mengatakan “saya menyaksikan langsung cara kerja mereka yang sama dengan Qods Force yang bertanggung jawab untuk operasi di luar wilayah ran.”

Menurutnya dari keterangan 6 orang anggota brigade Quds Force yang ditangkap, dirinya menemukan catatan persenjataan yang telah diterima Brigade Badr di Irak sama dengan catatan milik Quds Force.

Casey menungkapkan bahwa dirinya menemukan peta kota Baghdad mengenai pengusiran kaum Sunni dan Kristen dari pasukan khusus Iran. Menurutnya ”nampak jelas dalam peta tersebut daerah mana saja yang tadinya di tinggali warga Muslim Sunni kini menjadi milik warga Syiah.”

Irak sendiri kini dilanda krisis keamanan setelah PM Nuri Maliki memutuskan menyerang kelompok milisi bersenjata di kota Anbar dan Fallujah yang bermazhab Sunni. (Alarabiya/Ram)