Zionis Israel Sebut Kerjasama Keamanan Dengan Abbas Adalah Tindakan Tepat Mencegah Intifadah Jilid III Di Palestina

Netanyahu-AbbasEramuslim – Pemimpin kelompok oposisi pemerintahan Zionis Israel, Yitzhak Herzog, menyebut kesepakatan kerjasama keamanan pemerintah Benjamin Netanyahu dengan Presiden Mahmoud Abbas adalah tindakan yang tepat untuk mencegah terjadinya intifadah jilid tiga di bumi Palestina.

Pernyataan ini diungkapkan Yitzhak Herzog dalam pertemuan dengan Presiden Mahmoud Abbas di kantor kepresidenan otoritas Palestina di kota Ramallah pada hari Selasa (18/08) kemarin.

Dalam keterangan di hadapan wartawan, Yitzhak Herzog mengatakan, “Dari perbincangan kami mengenai proses perdamaian dan situasi di kedua wilayah. Presiden Abbas setuju dengan kami untuk mencegah pecahnya intifada jilid III di Palestina, melalui agenda bersama memerangi kelompok pejuang dan bergerak maju dalam negosiasi perdamaian.”

Sementara itu menimpali keterangan ketua kelompok oposisi di Parlemen Zionis Israel, Presiden Abbas menyatakan bahwa sudah menjadi kewajiban masing-masing pihak untuk menjaga keamanan di masing-masing wilayah, dan kembali memulai negosiasi serius yang mengarah ke akhir pendudukan dan penyebaran perdamaian serta stabilitas di kawasan.

Perlu diketahui bahwa perjanjian keamanan bersama memungkinkan militer Zionis Israel menangkap warga Palestina tanpa perlu adanya izin ataupun pemberitahuan terlebih dahulu kepada otoritas pemerintah. (Rassd/Ram)