Tingkat Kemiskinan di Palestina Melejit Tinggi 74,3 Persen

eramuslim.com – Tingkat kemiskinan di Palestina melonjak 74,3 persen alias dua kali lipat imbas perang melawan Israel.

Ini terungkap dalam laporan UN Development Program (UNDP) yang dirilis Selasa (22/10). UNDP adalah badan pembangunan di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Konsekuensi langsung dari perang tidak hanya kerusakan infrastruktur fisik, melainkan dalam tingkat kemiskinan serta mata pencaharian dan hilangnya mata pencaharian. Sangat besar,” kata Kepala UNDP Achim Steiner, dikutip dari AFP, Rabu (23/10).

“Cukup jelas dari penilaian sosial-ekonomi bahwa tingkat kerusakan (akibat serangan Israel) telah menghambat Palestina selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, dalam jalur pembangunannya,” tegasnya.

UNDP mencatat tingkat kemiskinan di Palestina mencapai 38,8 persen pada akhir 2023 lalu.

Namun, ada 2,61 juta warga Palestina yang jatuh miskin pada tahun ini. Tambahan orang miskin itu membuat sekitar 4,1 juta penduduk Palestina sekarang berada dalam kemiskinan.

Di lain sisi, tingkat pengangguran di wilayah Palestina pada 2024 diperkirakan melonjak hingga 49,9 persen. Sedangkan produk domestik bruto (PDB) bakal menyempit ke 35,1 persen karena gejolak tersebut.

Steiner juga menyampaikan fakta pilu lainnya. Ia mengatakan andai bantuan kemanusiaan dikirim setiap tahun, ekonomi Palestina tetap tidak akan kembali ke tingkat sebelum krisis.

Selain itu, studi yang dibuat UNDP mencatat aksi pengeboman Israel menciptakan 42 juta ton puing di Gaza. Ini diklaim sangat berbahaya, yakni menimbulkan risiko kesehatan yang sangat besar.

PBB mengutip data korban peperangan dari Kementerian Kesehatan Palestina di wilayah yang dikuasai Hamas. Ada 42.603 orang tewas terkena bom dan serangan darat Israel, di mana sebagian besar merupakan warga sipil.

 

(Sumber: Cnnindonesia)

Beri Komentar