Takut Gelora Intifadhah, Ribuan Warga Yahudi Tuntut Netanyahu Negosiasi Damai Dengan Palestina

warga yahudiEramuslim – Sabtu malam 24 Oktober 2015, ribuan warga Yahudi Zionis Israel turun ke jalan-jalan ibukota tel Aviv menggelar aksi unjuk rasa menuntut PM Netanyahu segera melakukan negosiasi damai dengan pihak Palestina.

Dalam aksinya, massa menuntut PM Netanyahu segera dapat meredakan gelora Intifadah warga Palestina yang kini menjadi ancama keamanan serius bagi warga Yahudi di wilayah Zionis Israel.

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyatakan bahwa Yordania dan Zionis Israel telah mencapai kata sepakat untuk mengurangi ketegangan di Masjid Al-Aqsa yang terjadi akibat penodaan dan perusakan Masjid dalam kurun waktu 3 bulan terakhir.

Hal ini senada dengan pernyataan resmi PM Netanyahu yang berjanji bahwa dirinya menjaga perjanjian yang telah disepakati dengan Yordania mengenai Masjid Al Aqsha.

Menanggapi pernyataan tersebut, sejumlah pengamat menyebut kunjungan John Kerry ke Timur Tengah adalah bentuk frustasi pemerintah Zionis Israel yang tidak dapat memadamkan geloran Intifadah jilid III Palestina. (Bbcarabic/Ram)