Saat Masyarakat Dunia Boikot, Negara-Negara Arab Masih Ekspor ke ‘Israel’

Eramuslim.com – Negara-negara Arab, termasuk Mesir, Yordania, Maroko, dan UEA, terus mengekspor produk makanan ke ‘Israel’ meskipun kekejaman Zionis terhadap warga Palestina di Gaza terus berlanjut.

Hal ini terungkap dalam hasil investigasi Middle East Eye (MEE) dan Arab Post yang dipublikasikan pada 2 Juli lalu.

Investigasi tersebut menemukan bahwa ratusan produk makanan yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan di negara-negara Arab telah disertifikasi kosher untuk diekspor ke ‘Israel’, termasuk puluhan yang diproduksi di negara-negara tersebut sejak dimulainya perang pada bulan Oktober tahun lalu.

Kepala Kerabian ‘Israel’ harus mengeluarkan sertifikat kosher yang menunjukkan kepatuhan terhadap hukum Yahudi untuk produk makanan yang akan dijual di toko-toko dan supermarket ‘Israel’.

MEE juga menemukan sejumlah produk bersertifikat kosher yang diimpor dari negara-negara Arab dijual di supermarket ‘Israel’ dan secara daring.

Dalam beberapa kasus, produk makanan mungkin telah diekspor ke ‘Israel’melalui perusahaan dan distributor di negara ketiga.

Penyelidikan menemukan bahwa meskipun ada kecaman internasional terhadap ‘Israel’dan seruan untuk memboikotnya, “infrastruktur perdagangan antara Israel dan negara-negara regional tetap berjalan.”

Dalam beberapa kasus, perdagangan antara negara-negara Arab dan Israel telah meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, sebelum perang dimulai.

Data yang diterbitkan oleh Biro Pusat Statistik ‘Israel’ dan dikutip oleh MEE menunjukkan bahwa impor dari Mesir ke ‘Israel’ pada Mei 2024 bernilai $25 juta, dua kali lipat dari jumlah yang sama pada bulan yang sama di tahun 2023.

Impor ‘Israel’ dari UEA dan Yordania juga lebih tinggi pada Mei 2024 dibandingkan dengan Mei tahun sebelumnya.

Mahmoud Nawaja, koordinator umum komite nasional gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS), mengatakan kepada MEE, “Pertumbuhan perdagangan antara negara-negara Arab dan Israel hanya dapat dianggap sebagai keterlibatan dan keterlibatan mereka dalam kejahatan Israel terhadap warga Palestina, dan genosida di Gaza secara khusus.”

“Hal ini tidak mencerminkan posisi masyarakat Arab, yang telah menyerukan boikot total. Negara-negara ini menopang rezim penjajah Israel di bawah arahan AS,” tambahnya.

Database Biro Pusat Statistik mencakup 35 perusahaan Mesir, 25 perusahaan Maroko, lima perusahaan Yordania, dan empat perusahaan Emirat yang berdagang dengan ‘Israel’.

Sekitar 442 produk makanan dari negara-negara Arab telah menerima sertifikasi halal Yahudi kosher, termasuk sayuran dan buah-buahan beku atau kalengan, minyak, tahini, gula, aprikot, tuna, mie, kacang tanah, dan jus, demikian hasil investigasi MEE dan Arab Post.

Data ‘Israel’ juga memberikan wawasan tentang kekuatan hubungan perdagangan baru-baru ini antara ‘Israel’ dan Turki, dengan 2.772 produk makanan yang diproduksi oleh 290 perusahaan Turki yang terdaftar sebagai kosher.

Perdagangan antara ‘Israel’dan Turki juga terus berlanjut meskipun ada larangan resmi ekspor ke ‘Israel’ oleh pemerintah Turki sebagai tanggapan atas perang Gaza.

MEE menemukan beberapa produk Turki masih dijual minggu ini di sebuah supermarket di Acre, ‘Israel’ utara.

Laporan-laporan mengindikasikan bahwa beberapa perusahaan Turki berupaya mengakali larangan tersebut dengan terlebih dahulu mengekspor barang ke Yunani dan kemudian menyalurkannya ke ‘Israel’, terkadang dengan label baru untuk mengaburkan asal-usulnya.

“Ada upaya dari beberapa perusahaan untuk menggunakan negara ketiga untuk mengekspor kembali produk-produk ini, dan pihak berwenang Israel sejauh ini belum memblokir barang-barang Turki yang datang dari negara-negara seperti Yunani dan Azerbaijan,” ujar Mahmoud Nawaja dari gerakan BDS.

(Hidayatullah)

Beri Komentar