Rombongan Pertama Pengungsi Palestina Tiba di Brazil

Rombongan pertama warga Palestina yang berjumlah 35 orang tiba di Brazil. Mereka adalah warga Palestina yang sebelumnya tinggal di Irak, dan mengungsi ke Yordania setelah jatuhnya Saddam Hussein. Mereka memilih pindah ke Brazil karena situasi keamanan Irak yang terus memburuk.

Para pengungsi Palestina itu adalah sebagian dari 117 warga Palestina yang ada di Irak, yang akan datang ke Brazil untuk memulai kehidupan baru dengan uluran tangan lembaga bantuan internasional.

Komisi Nasional Masalah Pengungsian Brazil Luiz Paulo Barreto mengatakan, di Yordania warga Palestina itu tinggal di kamp pengungsian Ruwaished. Setelah rombongan pertama, ujar Barreto, rombongan lainnya akan tiba sekitar bulan Oktober mendatang.

Sementara itu perwakilan Komisi Tinggi Masalah Pengungsian PBB Luiz Varese menyatakan bahwa pihaknya belum mau mengungkapkan lokasi tempat warga Palestina itu akan tinggal di Brazil. Namun pemerintah Brazil berjanji akan memberikan surat-surat identitas pada mereka, sehingga status mereka sama dengan warga negara Brazil lainnya.

Selain itu, pemerintah Brazil akan mendaftarkan warga Palestina itu ke sekolah bahasa Portugis dan akan memberikan bantuan finansial tiap bulannya sampai mereka bisa mandiri. (ln/presstv)