PM Swedia Tegaskan, Intifadhah Pisau Bukanlah Terorisme

stefanEramuslim.com – Perdana Menteri Swedia Stefen Lofven mengatakan, serangan pisau di Israel bukan terorisme. Hal itu disampaikan Lofven di tengah ketegangan antara kedua pihak.

“Bukan, itu (serangan pisau) bukan diklasifikasikan sebagai terorisme. Ada klasifikasi internasional yang masuk kategori atau tidak. Apa yang saya tahu hal itu tidak digolongkan sebagai terorisme,” ujar Lofven kepada kantor berita Swedia TT, awal pekan ini.

Pada Senin malam, Lofven menghubungi kantor berita tersebut, dan mencoba meluruskan pernyataannya untuk menghindari kesalahpahaman. Ia menambahkan, serangan teroganisasi kepada target sasaran tertentu bisa disebut terorisme.

“Saya mengacu pada fakta, tidak jelas apakah serangan tersebut terorganisasi oleh organisasi teroris,” ujarnya. “Namun serangan terorganisasi merupakan tindakan terorisme.”

Komentarnya muncul setelah Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom juga menyudutkan Israel yang menyebut penembakan warga Palestina merupakan pembunuhan di luar hukum. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengecam tudingan tersebut.

Hubungan Israel dan Swedia menghangat, setelah Pemerintah Swedia mengakui negara Palestina. Tak sedikit warga Palestina yang melancarkan perjuangan dengan serangan pisau terhadap aparat Zionis-Israel. Lebih dari 100 warga Palestina terbunuh sejak Oktober lalu.(ts/ROL)