PM Palestina Janji Bayar Gaji Pegawai di Ghaza, Asal Tak Berpihak Pada Hamas

Israel mulai mencairkan dana pendapatan pajak milik otoritas pemerintahan Palestina, yang selama hampir 17 bulan-sejak Hamas memegang tampuk pemerintahan di Palestina-ditahan oleh negara Zionis itu.

Menurut seorang pejabat senior pemerintah Palestina, sebagai permulaan, Israel telah mentransfer 120 juta dollar ke kas pemerintah Palestina yang sekarang dikuasai Abbas. Dana itu akan digunakan untuk membayar gaji pegawai untuk satu bulan ini.

Sejumlah pejabat pemerintah Palestina mengatakan bahwa Israel menahan lebih dari 700 juta dollar dana pendapatan dari pajak milik Palestina, yang terkumpul sejak Februari 2006. Namun menurut beberapa pejabat Israel, dana tersisa yang bisa disalurkan ke pemerintahan Abbas jumlahnya kurang lebih tinggal 500 juta, karena selebihnya telah dibekukan atas perintah pengadilan Israel guna menutupi hutang-hutang Palestina.

Juru bicara kantor perdana menteri Israel Miri Eisin mengatakan, pencairan dana itu untuk membantu Abbas membiayai pemerintahan daruratnya di Tepi Barat.

Sementara itu Perdana Menteri yang ditunjuk Abbas, Salam Fayyad menyatakan, berjanji akan membayar gaji pegawai negeri di Ghaza, asalkan mereka tidak berpihak pada Hamas.(ln/aljz)