PM Israel akan Bertemu Presiden Palestina untuk Pertama Kalinya


Sejumlah petinggi Israel menyebutkan rencana pertemuan PM Israel Ehud Olmert dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas. Pertemuan itu akan berlangsung di sela-sela konferensi internasional penganugerahan hadiah nobel perdamaian di Yordan hari Kamis pekan ini.

Pertemuan dua petinggi Israel dan Palestina itu, merupakan pertemuan pertama sejak Olmert menjabat sebagai Perdana Menteri Israel. Meski demikian, pihak Israel masih menyebutkan pertemuan antara dua petinggi itu, hanya masuk dalam agenda informal sehingga tidak dipersiapkan secara resmi tema pembicaraannya.

Meski demikian, menurut harian berbahasa Ibrani Maaref, raja Yordania akan berupaya memperpanjang forum pertemuan informal ini semaksimal mungkin agar bisa memberi hasil, meski tidak resmi. Harian Maaref juga menyebutkan pertemuan ini bukan menjadi awal komunikasi politik resmi antara Israel dan Palestina, karena dalam pertemuan ini memang tidak menyiapkan tema pembicaraan, melainkan hanya sebagai upaya perbaikan situasi antara kedua belah pihak.

Olmert menyebutkan keinginannya membicarakan perdamaian dengan Palestina, dengan syarat pemerintah Palestina di bawah kuasa Hamas mengakui eksistensi negara Israel, melucuti senjata, menjauhi kekerasan dan menerima hasil perundingan damai yang pernah disepakati oleh pemerintahan Palestina sebelum Hamas. (na-str/pic)