Paska Serangan 130 Roket dari Gaza, Menlu Israel : Kami akan Jajah Kembali Gaza

ISRAEL-PALESTINIAN-GAZA-CONFLICTPejuang Palestina di Jalur Gaza berhasil menembakkan sedikitnya 130 roket menuju Israel selatan , laporan pihak  militer Israel . Tidak ada korban segera dilaporkan .

” Iron Dome ” sistem pertahanan Israel menghadang  setidaknya tiga roket , sementara yang lainnya jatuh di daerah terbuka , tambah pihak militer israel.

Sirene serangan udara bergema  di  perbatasan Israel selatan.

Di Gaza , kelompok  Jihad Islam mengaku bertanggung jawab . Ia mengatakan mereka  menembakkan lebih dari 130 roket untuk membalas kematian tiga anggotanya yang tewas dalam serangan udara Israel .

Polisi Israel menaikkan status tingkat siaga di selatan Israel , mengatakan roket menghantam sepanjang area perbatasan Israel dengan Gaza .

Salah satu hantaman roket jatuh di dekat perpustakaan umum di kota Sderot , dan satu lagi di dekat sebuah pompa bensin .

Adanya  hujan lebat menghambat angkatan udara Israel untuk melakukan serangan udara , militer mengatakan telah balas menyerang  ” dua lokasi teror ” di utara dan selatan Gaza dengan tembakan artileri , tetapi tidak ada laporan pejuang Palestina yang cedera , menurut AFP .

” Kami telah menyerang dua lokasi penyerang  dengan artileri berat  , dan tank  di perbatasan dengan Gaza , ” ujar Letnan Kolonel Peter Lerner mengatakan kepada para wartawan

Serangan dimulai tak lama setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Perdana Menteri Inggris David Cameron berpidato di parlemen Israel .

” Kami akan terus menyerang mereka bagi yang ingin menyakiti kita , kita akan bertindak melawan mereka dengan sangat kuat , ” katanya seperti dikutip dalam pernyataan terpisah yang disampaikan oleh juru bicaranya Ofir Gendelman .

” Ini adalah serangan terbesar ke  Israel sejak 2012  , ” kata pihak militer Israel di Twitter , mengacu pada perang tahun 2012  yang merenggut nyawa 177 warga Palestina , kebanyakan warga sipil , dan enam warga Israel .

Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman mengatakan Israel akan punya pilihan selain untuk menduduki kembali Gaza , ” Setelah serangan seperti ini – serangan lebih dari 50 roket – tidak ada alternatif lain kecuali kami jajah  kembali  seluruh Jalur Gaza , ” katanya kepada  televisi Channel 2 . (Arby/Dz)