Obama: Pemerintahan Dua negara Israel-Palestina Merupakan Solusi Terbaik Mengakhiri Konflik Israel-Arab

obamaPresiden AS Barack Obama menyatakan bahwa solusi dua negara dalam sebagai jalan terbaik untuk menyelesaikan konflik Israel – Palestina, termasuk jaminan keamanan terhadap warga Israel di bumi Palestina.

Ini disampaikan Obama dalam pidatonya di forum tahunan Pusat Kebijakan Timur Tengah Saban, di Washington pada Sabtu (07/12) kemarin.

Obama menambahkan bahwa “AS telah mengutarakan ide tersebut kepada para pemimpin Palestina dan Israel dan kini sedang menunggu persetujuan mereka,” selain itu Obama menyebut bahwa Presiden Palestina Mahmoud Abbas memahami bahwa Palestina tidak akan mendapatkan segala sesuatu yang mereka inginkan dalam semalam.”

Obama menjelaskan lebih lanjut bahwa dalam konteks penandatanganan perjanjian perdamaian pihak Palestina  harus menyetujui keinginan mendasar Israel dalam masa transisi, dan memastikan bahwa tidak akan timbul masalah keamanan seperti yang terjadi di wilayah Jalur Gaza di bawah kepemimpinan Hamas.

Forum Pusat Kebijakan Timur Tengah Saban merupakan forum khusus tahunan yang diselenggarakan untuk meneliti dan memantau hubungan akrab Israel-Amerika serikat.

Perlu diketahui Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengeluarkan steatment tegas bahwa “setiap perjanjian perdamaian harus memungkinkan Israel untuk mempertahankan diri dengan kekuatan militernya.” (Aljazeera/lndk)