Minggu Pagi Angkatan Bersenjata Israel Mulai Gelar Operasi Darat Di Jalur Gaza

Israeli soldiers prepare their Merkava tank in a training field in the Golan Heights, next to the Israeli-Syrian border, on October 10, 2013. The Israeli army fired on October 9, a Tammuz missile across the Syrian border in response to mortar fire from the Syrian at an Israeli military base in the northern Israeli-annexed Golan Heights leaving two soldiers with light wounds. AFP PHOTO / JACK GUEZAngakatan bersenjata Israel mulai melancarkan serangan darat ke wilayah Jalur Gaza pada minggu (13/07) pagi seperti dikutip The Associated Press dari radio Israel.

Sebelumnya pada Sabtu (12/07) malam angkata bersenjata Israel telah mengultimatum warga utara Jalur Gaza unutk segera meninggalkan rumah mereka dan mengungsi ke tempat aman.

Sementara itu kantor berita Reuters melansir bahwa puluhan tank Israel tengah bergerak di sekitar perbatasan Jalur Gaza utara pada Sabtu (12/07).

Tercatat dalam beberapa hari terakhir Israel telah memobilisasi sekitar tiga puluh ribu tentara cadangan dalam persiapan untuk menggelar operasi darat di Jalur Gaza.

Juru bicara militer Israel Jenderal Motti aAlmoz dalam siaran radio publik Sirael hari Sabtu (12/07) kemarin mengatakan “persiapan sedang dilakukan untuk tahap berikutnya agar siap untuk memasuki lapangan.” Ia melanjutkan, “kami telah mempertimbangkan semua konsekuensi, dan semua yang perlu dilakukan.” (Aljazeera/Ram)