Militer Gelar Latihan Perang Untuk Rebut Wilayah Jalur Gaza

israeellSebuah surat kabar berbahasa Ibrani menyatakan bahwa pihak militer Israel kini tengah bersiap untuk melakukan latihan militer besar-besaran di Selatan kota Ashkelon, untuk kembali menguasai wilayah Jalur Gaza dari kekuasaan pemerintahan Hamas.

Dalam pemberitaan di web surat kabar Israel Yedioth Ahronoth hari Selasa (05/11) kemarin, melaporkan bahwa pada akhir bulan ini militer Israel berencana mengirimkan ribuan tentara dan kendaraan militer ke kota Ashkelon serta daerah sekitarnya untuk melakukan latihan militer di dekat perbatasan dengan wilayah Jalur Gaza.

Surat kabar Yedioth Ahronoth menambahkan bahwa alasan pihak militer memilih kota Ashkelon dikarenakan kulturnya yang menyerupai wilayah Jalur Gaza, “nantinya tentara yang akan berlatih di kota ini adalah tentara pilihan yang disiapkan khusus untuk menguasai kembali Jalur Gaza.”

Perlu dicatat bahwa Israel telah memberlakukan blokade terhadap Gaza sejak Hamas mengambil alih Jalur Gaza pada tahun 2007 lalu.

Militer Israel telah meluncurkan 2x upaya perang merebut Jalur Gaza yang dimulai pada 27 December 2008 sampai 18 Januari 2009, yang mengakibatkan kematian lebih dari 1.400 warga Palestina dan melukai 4336 lainnya ditangan pasukan militer Israel.

Upaya kedua adalah perang “Pilar Langit” yang diluncurkan oleh Israel pada bulan Agustus 2012 lalu, sebanyak 184 orang warga Palestina meninggal dunia akibat serangan brutal militer Israel. (Aljazeera/lndk)