Menteri Keamanan Dalam Negeri Israel: Saya Pesimis Israel Akan Penuhi Tuntutan Hamas Dalam Negosiasi Kairo

Yitzhak AharonovitchMenteri Keamanan Dalam Negeri Israel, Yitzhak Aharonovitch, meragukan proses negosiasi gencatan senjata permanen Israel-Hamas yang dimediatori oleh pemerintah Sisi di Kairo.

Dalam keterangannya di radio publik Israel hari Sabtu (06/09), Aharonovitch mengatakan “saya pesimis pembicaraan damai Hamas-Israel akan berjalan baik di Kairo.”

Selain itu Menteri yang ikut tergabung dalam kabinet kecil Israel untuk urusan keamanan dan politik, menegaskan bahwa Israel menolak semua tuduhan pelanggaran gencatan senjata di Gaza yang telah berlangsung selama 13 hari lamanya.

Negosiasi di Kairo nantinya akan membahas topik mengenai pelabuhan dan bandara, serta pembebasan tahanan dari penjara-penjara Israel dan rekonstruksi Gaza.

Tercatat delegasi pemerintah Mesir telah melakukan serangkaian pertemuan dengan pejabat Palestina dan Israel di kota Ramallah dan Tel Aviv hari Rabu dan Kamis kemarin.

26 Agustus menjadi hari bersejarah bagi warga palestina di Jalur Gaza, setelah faksi pejuang Palestina berhasil memaksa pemerintah Israel untuk menghentikan agresi 51 harinya yang berlangsung sejak 7 Juli lalu. (Rassd/Ram)