Langgar Perjanjian Camp David, Israel Sebarkan Tank di Dekat Perbatasan Mesir

Langgar Perjanjian Camp David, Israel Sebarkan Tank di Dekat Perbatasan Mesir

Israel telah mengerahkan tank di perbatasan selatan dengan Mesir yang langkah ini melanggar Perjanjian Camp David yang ditandatangani oleh rezim Tel Aviv dan Kairo.

Dua tank Israel telah terlihat bergerak ke arah pagar perbatasan, Senin kemarin (18/6). Baik Mesir dan Israel sebenarnya diwajibkan untuk menjaga area demiliterisasi di bawah perjanjian Camp David.

Langkah itu diambil hanya beberapa jam setelah seorang pria Israel tewas dalam serangan lintas-perbatasan, setelah Israel melancarkan serangan udara di Jalur Gaza yang menewaskan dua warga Palestina.

Perjanjian Camp David ditandatangani oleh Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin pada tanggal 17 September 1978, setelah tiga belas hari melakukan perundingan rahasia di Camp David di Washington DC

Kesepakatan itu terdiri dari dua perjanjian, Kerangka Kerja untuk Perdamaian di Timur Tengah, dan Kerangka untuk Kesimpulan dari Perjanjian Perdamaian antara Mesir dan Israel. Perjanjian yang terakhir menyebabkan penandatanganan Perjanjian Perdamaian Israel-Mesir pada tahun 1979 yang juga terjadi di Amerika Serikat.(fq/prtv)