Langgar Gencatan Senjata, Israel Tangkap 2 Nelayan Palestina

nelayan gazaPasca menembaki nelayan Gaza didekat lepas pantai kota Rafah pada hari Selasa (02/09) pagi, kini giliran 2 nelayan Gaza ditangkap Angkatan Laut Israel Rabu (03/09) pagi di lepas pantai Gaza bagiam utara.

Seperti dikutip dari Nizar Ayyash yang berada di dekat tempat kejadian mengatakan “angkatan laut Israel dan menangkap dua nelayan yang sedang mencari ikan di lepas pantai Jalur Gaza utara.”

Ayyash menambahkan “mereka (tentara Israel) beralasan bahwa kedua nelayan tersebut telah melanggar batas laut yang dizinkan pemerintah Israel sepanjang 6 mil dari bibir pantai.”

Hingga pukul 07.00 waktu GMT, aparat kemanan Israel dikabarkan belum melepas kedua nelayan yang ditangkap pada Rabu pagi.

Selama agresi 51 hari ke Jalur Gaza sejak 7 Juli lalu, Serikat nelayan di Jalur Gaza memperkirakan kerugian yang dialami oleh 4 ribu nelayan mencapai sekitar 6 juta dollar AS.

Perlu diketahui bahwa sejak pemberlakuan blokade di jalur Gaza pada tahun 2006, pemerintah Israel melarang nelayan Gaza untuk melaut melebihi 6 mil dari bibir pantai Jalur Gaza. (Rassd/Ram)