Israel Berencana Bebaskan 30 Orang Tahanan Palestina Yang Telah Ditahan Sebelum Tahun 1993

tahanan palestinaMenteri Urusan Tahanan Palestina, Issa Qaraqe, menyatakan bahwa pemerintah Israel tengah menyusun nama-nama tahanan Palestina yang akan dibebaskan dari penjara Israel pada akhir bulan ini.

Menurut Issa, ini merupakan langkah lanjutan dari pra kesepakatan damai yang dimotori oleh Amerika Serikat beberapa bulan yang lalu.

Seperti dilansir oleh kantor berita Russia Today, pemerintah Israel berencana akan melepaskan 30 orang tahanan Palestina pada tanggal 29 Oktober, 30 orang tahanan ini telah di penjara pemerintah Israel sebelum adanya kesepakatan Oslo yang ditandatangani antara PLO dan pemerintah Israel pada tahun 1993 lalu.

Menteri Urusan Tahanan Palestina mengatakan ” kami diberitahu oleh pemerintah Israel bahwa mereka akan melepaskan 30 orang tahanan pada 29 Oktober ini, akan tetapi pemerintah Israel menolak campur tangan pihak Palestina terkait nama-nama tahanan yang akan dibebaskan.”

Perlu diketahui bahwa Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina (Fatah) telah sepakat di bawah naungan Amerika Serikat, bahwa pemerintah Israel akan membebaskan 104 orang tahanan yang ditahan sebelum 1993, sebagai upaya untuk memulai kembali negosiasi damai yang telah terhenti selama tiga tahun. (shorouk/lndk)