Hamas Dan Jihad Islam Komitmen Jadikan Perlawanan Sebagai Jalur Pembebasan Palestina

hamas-jihad islamEramuslim – Gerakan perlawanan Islam Palestina “Hamas” dan Jihad Islam Palestina menegaskan komitmen mereka terhadap prinsip-prinsip nasional dan perlawanan sebagai pilihan strategis dalam mengembangkan hubungan dan koordinasi antara dua kelompok.

Komitmen ini diyatakan kedua kelompok perlawanan terhadap penjajah Israel ini dalam sebuah pertemuan pada Minggu (08/02) malam di kota Gaza, untuk membahas sejumlah isu nasional dan regional.

Dalam pertemuan tersebut, kedua kelompok menyatakan komitmen mereka untuk memperjuangkan hak kembali seluruh pengungsi Palestina di luar negeri, dan upaya rekonsiliasi nasional untuk menyatukan kekuatan melawan penjajahan Israel.

Sementara itu dalam kebijakan luar negerinya, kedua kelompok menyatakan akan selalu menghormati kedaulatan negara-negara Arab dan menolak campur tangan dalam urusan internal mereka, serta berusaha menjadikan permasalahan Palestina sebagai inti dari krisis yang terjadi di Timur Tengah.

Perlu diketahui bahwa 2 gerakan bersenjata ini memilih jalur perjuangan dan perlawanan, sebagai ganti jalur negosiasi dan diplomasi yang selalu dilanggar oleh penjajah Israel selama ini. Dimana faksi Jihad Islam telah dikenal memiliki kedekatan dan dukungan dari pemerintahan Teheran. (Dostor/Ram)

Artikel ini bekerjasama dengan eramuslim digest :

Resensi Buku : Jejak Berdarah Yahudi Sepanjang Sejarah , Eramuslim Digest