Hamas Dan Fatah Sepakat Tunjuk Rami Hamdallah Sebagai Kepala Pemerintah Konsensus Nasional Palestina

rami hamdallahHamas dan Fatah sepakat untuk menunjuk Rami Hamdallah sebagai Kepala Pemerintah Konsensus Nasional Palestina yang akan di umumkan secara resmi pada pekan depan, dan menunjuk Azzam al Ahmad sebagai Kepala Rekonsiliasi Palestina.

Rami hamdallah merupakan salah seorang tokoh senior Fatah yang kini menjabat sebagai Perdana Menteri Palestina. Rami adalah seorang tokoh pendidikan yang menjabat sebagai Rektor di Universitas An Najah National di kota Nablus, Palestina.

Dalam pernyataannya, Kepala Rekonsiliasi Palestina, Azzam al Ahmad, menyatakan bahwa dirinya kini sedang berkonsultasi intensif dengan Presiden Mahmoud Abbas dan Hamas di jalur Gaza.

Dalam file keamanan, Azzam al Ahmad, mengungkapkan bahwa nantinya sekitar 3000 petugas pertahanan sipil akan segera di aktifkan kembali di wilayah Jalur Gaza, serta di wilayah Tepi barat, Palestina.

Kepala file rekonsiliasi resmi Hamas, Musa Abu Marzouk, memperingatkan sikap Israel yang tidak menginginkan rekonsiliasi nasional Palestina terjadi. “Mereka tidak menginginkan terjadinya persatuan dan kebangkitan warga Palestina dengan menata ulang urusan internal perjuangan Palestina.”

Kesepakatan damai Hamas-Fatah kembali bergulir pada 23 April lalu setelah kedua faksi pejuangan sepakat untuk membentuk pemerintah konsensus nasional dalam 5 minggu kedepan dan pelaksanaan pemilu dalam kurun waktu 6 bulan mendatang. (Aljazeera/Ram)