Demi Rasa Kemanusiaan, 13 Aktivis Eropa Akan Tembus Blokade Jalur Gaza

kapalXmarianaEramuslim.com – Minggu 10 Mei 2015 sejumlah aktifis kemanusiaan asal Eropa kembali berlayar menuju perairan Jalur Gaza untuk mematahkan blokade laut yang diberlakukan penjajah Zionis Israel sejak tahun 2007 lalu.

Seperti dilansir kantor berita Anatolia dari juru bicara kampanye Michael Carlson mengatakan, “Kampanye kali ini bertujuan untuk mengabarkan kepada dunia mengenai penderitaan para nelayan Palestina akibat blokade darat, laut dan udara oleh penejajah Israel.”

Michael Carlson menyerukan para aktivis lain untuk bergabung dalam aksi ini, dan menenkankan bahwa kampanye seperti ini akan dilakukan setiap tahun sampai berakhirnya blokade terhadap Jalur Gaza tanpa syarat apapun oleh pemerintah Israel.

Tercatat sebanyak 13 aktivis kemanusiaan asal Swedia dan Norwegia telah berlayar dengan kapal penangkap ikan bernama “Marianne” dari pelabuhan di kota Gothenburg, Swedia, sejak Minggu sore waktu setempat.

Insiden berdarah Mavi Marmara pada 31 Mei 2010 menjadi perjalanan terakhir aktifis kemanusiaan internasional untuk mencoba memecahkan blokade terhadap perairan Jalur Gaza.

Tercatat 10 orang tewas dan 60 orang lainnya terluka saat militer Zionis Israel menyerbu kapal asal Turki yang membawa bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza di jalur perairan internasional. (Rassd/Ram)