Bertemu Lagi, Hamas dan Fatah Bahas Persatuan Palestina di Mesir

eramuslim.com – Para pemimpin faksi Palestina dari Hamas dan Fatah bertemu di Kairo, Mesir, pada Rabu (9/10) untuk membahas rencana persatuan Palestina.

Reuters melaporkan pertemuan ini merupakan yang pertama sejak kedua kelompok bertemu di China pada Juli lalu dan berekonsiliasi.

Menurut pejabat media Hamas Taher Al-Nono, dalam pertemuan itu delegasi Hamas dipimpin oleh Khalil Al-Hayya, komandan kedua dan kepala negosiator Hamas yang berbasis di Qatar. Sementara perwakilan Fatah dipimpin oleh komandan kedua Fatah, Mahmoud Al-Aloul.

“Pertemuan itu untuk membahas agresi Israel di Jalur Gaza, perkembangan politik dan lapangan, serta untuk menyatukan barisan nasional,” kata Al-Nono seperti dikutip Middle East Monitor (MEMO).

Masalah administrasi Palestina setelah agresi Israel berakhir adalah salah satu masalah paling sulit yang dihadapi Palestina.

Israel telah mengesampingkan Hamas, milisi yang diperanginya setahun terakhir ini, dalam pemerintahan Palestina pascaperang.

Israel juga tak percaya dengan Otoritas Palestina yang dipimpin Presiden Mahmoud Abbas untuk memerintah Tepi Barat dan Gaza. Abbas saat ini memerintah wilayah Tepi Barat yang sebagian diduduki oleh Israel.

Gaza sementara itu dikuasai Hamas, yang saat ini menjadi sasaran serangan brutal Zionis. Tepi Barat dan Gaza terpecah secara politik sejak Juni 2007 setelah Fatah dan Hamas berseteru.

Faksi-faksi Palestina telah menyatakan bahwa pemerintahan Palestina pascaperang adalah urusan internal. Mereka menentang permintaan Israel yang ingin ikut campur dalam pemerintahan Palestina.

 

(Sumber selengkapnya: Cnnindonesia)

Beri Komentar