Berkat Dana Umat, MER-C Berhasil Bangun Rumah Sakit Indonesia di Gaza

150608155902-630Eramuslim.com – MER-C berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp 120 Miliyar dari masyarakat Indonesia untuk membangun rumah sakit Indonesia di Gaza, Palesina.

Rumah sakit tersebut telah rampung dibangun sejak awal tahun ini dan menunggu peresmian oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.

Menurut Ketua Presidium MER-C, dr. Henry Hidayatullah, dana tersebut bisa dihimpun atas kerjasama warga Indonesia membantu saudaranya di Palestina.

”Ini hadiah dari masyarakat Indonesia, total dana Rp 120 Miliyar tidak ada bantuan pemerinah,” ujarnya setelah audiensi dengan Presiden RI pada Rabu (17/6) di Istana.

Mengenai waktu peresmiannya tinggal menunggu persetujan dari Presiden RI. Demi kebaikan warga Gaza, rumah sakit sudah beroperasi meski belum maksimal sejak 15 Juni lalu. ”Beliau takjub dan sangat ingin meresmikan. Waktunya diserahkan kepada Presiden,” jelas Henry.

Sebelumnya, dibutuhkan waktu pembangunan selama tiga setengah tahun hingga rumah sakit tersebut bisa rampung diselesaikan awal tahun ini. Setelah selesai pembangunan, barulah dilengkapi peralatan medisnya seperti tempat tidur pasien dan city scan.

Selain itu perihal pengoperasiannya setiap hari diserahkan sepenuhnya kepada Palestina. MER-C hanyak berperan sebagai fasilator saja kalau ada tenaga medis asal Indonesia yang ingin membantu disana.

Menurut salah seorang dokter relawan Mer-C yang menjadi sahabat Eramuslim, ide pembangunan rumah sakit Indonesia sudah lama dan direalisasikan sedikit demi sedikit. Alhamdulillah, sekarang sudah bisa berfungsi dengan baik dan melayani warga Gaza dalam hal kesehatan yang terus-menerus diblokade Zionis Israel laknatullah. (rz)