TOLAK PATUNG SOEKARNO

by M Rizal Fadillah

Moga Bandung tidak menjadi kota patung. Andai saja di buat di Bali tentu tidak menjadi masalah karena di sana sejalan dengan kultur dan mungkin religi. Di Bandung harus ada sebab kuat untuk pembangunan patung sebagai monumen. Jika tidak jelas apalagi disinyalir sarat dengan kepentingan politik maka rakyat Bandung bahkan Jawa Barat akan menolaknya.

Rencana pembangunan patung Soekarno di area GOR Saparua adalah contoh pembangunan yang harus ditolak, dengan alasan :

Pertama, ini bukan proyek Pemprov dan tidak berhubungan dengan kepentingan rakyat Jawa Barat. Tidak ada agenda terencana berbasis APBD. Ini proyek politik Ridwan Kamil yang bersembunyi dibalik penghormatan pada tokoh sejarah.

Kedua, penggunaan lahan milik Pemrov Jawa Barat harus dengan persetujuan atau didahului pembahasan di DPRD. Harus jelas hubungan hukum antara Pemprov dengan Yayasan Putra Nasional Indonesia. Ground Breaking dengan menelikung DPRD jelas menyalahi. DPRD berhak untuk memanggil Ridwan Kamil.

Ketiga, patung Soekarno setinggi 20,3 M yang disebut sebagai tertinggi itu bukan menjadi kebanggaan tetapi keprihatinan. Dibangun oleh Seniman Yogya bukan dari Bandung. Patung dalam aspek keagamaan harus beralasan kuat, tanpa itu akan dianggap sebagai kultus atau bahkan pengembangan keberhalaan (paganisme). Nabi Ibrahim dahulu berani menghancurkan berhala.

Keempat, jika bernuansa politik dan bagian dari transaksi politik, misalnya Ridwan Kamil berharap menjadi Cawapres Ganjar, maka sadar atau tidak maka pembuatan patung Soekarno adalah bentuk baru dari sebuah gratifikasi. Jadi di samping ada gratifikasi uang, jabatan, sex juga kini patung.

Kelima, program PDIP berupa patungisasi Soekarno seluruh Indonesia adalah program politik pragmatik. Memanipulasi heroisme dan historika untuk kampanye partai melalui “jualan” figur. Soekarno seperti yang dimuliakan tetapi sebenarnya direndahkan.

Keenam, di samping berjasa besar bagi bangsa, Soekarno juga tercatat memiliki banyak catatan hitam. Ada mandor Romusha, konsepsi Nasakom, doyan kawin, Demokrasi Terpimpin, membubarkan Masyumi, proteksi PKI, memenjarakan Buya Hamka dan lainnya.

Pemenang Pemilu 2019 Kota Bandung adalah PKS sedangkan untuk Jawa Barat Partai Gerindra. Kehadiran Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP pada saat groundbreaking menunjukkan kepentingan PDIP ada disana. Ridwan Kamil memfasilitasi. Tanah Pemrov digunakan untuk Plaza Soekarno tersebut.

Mengingat dimensi luas dari pembangunan patung Soekarno di Taman Saparua baik dimensi politik, hukum, budaya dan agama yang dinilai memudharatkan dan merusak tatanan masyarakat Bandung atau Jawa Barat, maka sepatutnya untuk MENOLAK patung Soekarno di Taman Saparua Bandung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kiranya tidak bermanuver politik dengan “menjual” tanah aset Pemprov Jawa Barat demi sejumput kekuasaan. Cabut kembali izin penggunaan tanah di GOR saparua Bandung untuk pembangunan patung Soekarno oleh Yayasan Putra Nasional Indonesia.

Bandung tidak butuh patung. Yang dibutuhkan adalah masyarakat yang selalu beruntung dan berbudaya agung.
Pemimpin tidak boleh takut terkatung-katung atau hidup menggantung.
Tolak patung Soekarno..Merdeka..!!

*) Pemerhati Politik dan Kebangsaan

Bandung, 2 Juli 2023

Beri Komentar

81 komentar

    1. Langkah jitu,cara jadi wapres dg jalur tol.Orang sunda itu jumlahnya banyak,pintar2.Masa kalah gesit oleh suku jawa,Bapa,anak,menantu ,bisa jadi Walikota,solo,jkrta ,indonesia,medan,depok, gubernur,presiden krn mereka kompak bersatu saling dukung, walau masih ingusan tetap didukung jd penguasa.itu namanya negara kesatuan persatuan, sekali kali orang sunda bersatu jd Penguasa Indonesia.

    2. Saya termasuk pengagum kang RK sebaiknya pembangunan patung Soekarno itu apa manfaatnya tidak ada hanya mengarah pada mendewakan seseorang . SEMUA tahu Soekarno itu proklamator RI namun jgn terlalu berlebihan apalagi Megawati dan sukmawati sering kali nyinyir syariat islam. Kalau ada dana lebih baik gunakan untuk hal 2 yang kemaslahatannya lebih banyak bravo jabar

      1. Saya asal jawa timur setuju dengan penolakan pembangunan patungisasi .. karena dalam islam di larang .. dan lagi tidak ada manfaatnya..

  1. Setuju pak… Setelah kita semua meninggal, anak cucu Kita menganggap sakral patung ini, bahkan menjurus ke syirikan. Kita berlindung dr murka Allah ta’ala

    1. Banyak orang-orang yg mulutnya seakan-akan MEMULIAKAN ALLAH, padahal itu hanya tipu muslihat untuk menutupi hati busuknya yg penuh dengan kemunafikan.

    2. Sependapat dgn Budiman seandainya diplomasi belanda bahwa 17 Agustus hanya keinginan segelintir elit Jawa, berhasil bs jadi Bung Karno di hukum mati dan so pasti msh Hindia Belanda. Dan kta semua tetap inlander. Boro2 pegang HP, ngerti telpon2an taunya waktu kecil doang dgn kaleng yg pake benang

      1. Mau tanya ya, knp cuma soekarno aja yg disebut sebut terus sbg proklamator padahal atas nama bangsa indonesia itu “Soekarno Hatta” yaitu ir.Soekarno dan Dr.Muhammad Hatta.

  2. bikin patung onta yaman saja seluruh bandung akan takbir bangga karena sdh jadi budak dan jongos lahir batin pelacur pelacur agama eks yaman yg taat dan nyetet

    1. Yang ngga setuju ngga masalah lagian dananya tidak membebani APBD pemprov lagian patung bukan untuk disembah tapi sebagai penghormatan kepada founding father karna biar bagaimanapun bung karno punya sejarah dikota bandung

    2. Segitu rasisnya cuk, biasa aja kali gw pribumi juga biasa biasa aja, knp lo merasa terjajah.

    3. Knpa komn anda profokatif pak…
      Sampe nyinggung masalah agama segala…
      G’ada tuntunan bagi seorang muslim mndirikan patung pak.
      Anda ngatain eks yaman segala macm..
      Anda sakit jiwa pak??brobat bukdn komen

    4. Eh anjing….asing urang Sunda, wani tong koment hungkul…panggihan Jeung aing dimana….aing urang Bandung asli….tong loba omong hungkul…ngahina urang Bandung….emang aing sieun, sok panggihan jeung aing dimana…pilih tempatnya BISI hayang nyaho kumaha urang Bandung kawanina….

    5. Eh anjing….aing urang Bandung, sia rek macem2, tong ngomong koment hungkul, panggihan jeung aing, BISI hayang nyaho kawani urang Bandung….sebutkeun tempatna, aing datang, Mun sia lalaki lain banci….ku aing ditungguan

    1. Era …. dimana tumbuh suburnya para pencari panggung dan di fasilitasi oleh mashab dan kepentingan masing2

  3. Di seluruh Jawa Barat jngn mendirikan patung manusia. Karena mayoritas islam. Walau patung, bukan untuk disembah, pembuatan patung manusia dilarang dlm agama islam. Yg setuju pembuatan patung, baik dlm hati maupun lisannya, tanggung sendiri akibatnya nanti di akhirat

    1. Belajar agama lg yg bener tetehnya..masagi heula aqidahna teras fiqh na nembe nyarios agami..

    2. Lama ente sprti bngsa bar2 timur tengah budaknya bngsa mlecha bagusnya apa bngsa gurun vuma ribut dan perang

  4. Ya klu begitu jurusan seni payung di itb dan lain lain di hapuskhan saja , terus apakah warga jawa barat, dilarang ke daerah atau negars yg ada patungnya, dan apabila ada patung orang islam akan syirik enggak juga khan

  5. Ya udah ganti aja dgn Patung dn Aidit. Kalo masih gak mau ganti dgn Parung rijik. Yg terakhir ini eramiskin.com pasti setuju Krn sama sama Kadrun

    1. @Jono, Hai kristen, atau NU Sesajen Jowo. Ingat !!!. Patung siapapun tdk boleh ada di Jawa Barat. Tokoh agama, Selebriti, Tokoh Politik, dsb tdk boleh ada Patung. Musyrik hukumnya membuat patung manusia

      1. Hai wong kenthir….. kamu lahir di tanah jawa, kakek moyangmu juga jawa… kalo koment jangan bawa2 etnis, kalo kamu gak suka budaya jawa mendingan pindah dari negara ini alias pindah alam ke alam kubur… dasar KENTHIR, beg0, T0loL, miskin,…….

      2. Patung manusia musyrik. Tapi kalau batu berhala boleh disembah2, dicium, sampai mati injak2an… idiot

    2. Kalau bukan warga jabar jangan komen!!… emang sukarno saja yg berjasa atas kemerdekaan bangsa Indonesia???

      1. 17 Agustus 1945 adalah identik tik tik tik dgn Sukarno. Pada saat itu belanda melakukan diplomasi ke luar negeri itu hanyalah keinginan segelintir elit Jawa. Seandainya belanda berhasil Bung Karno pasti di hukum mati dan sampai skg masih bernama Hindia Belanda

  6. Kumaha akang wae..tp jgn memaksakan menolak ingat, tdk tiap patung itu berhala, ingat berhala itu apabila di sembah..
    Tiap negarawan tdk ada yg sempurna termasuk Bung Karno..
    Sdh jelas Bung Karno dgn kurang lebih nya bisa dn berani Proklamasi..
    Nah..apa yg sudah Akang berikan dlm mengisi kemerdekaan secara nasional atau regional..
    Sy tunggu jawabannya..

    1. Hehehe… Kang Budi lg melucu. Ke orang lain mengingatkan jangan maksa nolak, tapi sendirinya maksa setuju pengen dibangun.
      Kang Budi, coba tanya pd para ulama ahli fiqih (fuqaha) sblm berpendapat. Haram hukumnya membuat patung utuh mahluk hidup (tdk hanya manusia) berkarakter 3 dimensi, karena dianggap menyerupai bahkan menyaingi ciptaan Tuhan. Coba lihat dlm sejarah keemasan Islam, tdk ada satupun patung yg dibangun. Bahkan gambar mahluk hidup pun (lukisan) yg digambar secara utuh menyeluruh yg berkarakter cuma dua dimensi, tdk ada peninggalannya krn memang diharamkan. Coba lihat di mesjid2, adakah patung atau lukisan manusia teragung Rasulullah Muhammad ? Padahal beliaulah yg menjadi sebab tersebarnya agama Islam layaknya Yesus bagi umat Nasrani. Muhamnad SAW itu sangat “dikultuskan” sbg Nabi & Rasul oleh ummat Islam (makanya disunnatkan harus sering baca sholawat) tapi tidak pernah ada gambar atau patung yg dibuatnya. Apalagi cuma sekedar tokoh biasa…

  7. Medianya kadrun…miskin otak, otaknya sakit semua…..ente gak setuju ya terserah elu….tapi patung tetep dibangun…..

  8. Emang negara lagi kebanyakan Duit?? Jangan nambah susah rakyat…banyak bebani atas kebutuhan biaya tinggi… Manfaat apa yg didapat rakyat dari sduit yg dipakai bangun Patung… emang cuma sukarno yg berjasa???

  9. Ini bukan negara Bandung, ini negara Indonesia berdasar Pancasila bukan dasar agama tertentu, negara yang
    plural, multi etnis, multi agama. Kalo ini sekedar pendapat kita hargai tapi jangan memaksakan kehendak.

    1. Yg mo bikin patung jg jgn paksakan kehendak, indonesia itu negara tp msg2 daerah memiliki kultur berbeda bro…

      1. Bener…berfikir lah yg waras. Bikin patung jangan di daerah yg tingkat religi muslimnya besar..dihalaman rumah masing2 aja dengan tinggi 20 meter…biar mati ngedongak terus..rasain dah

  10. Luar biasa artikelnya, Jawa barat khususnya bandung yg mayoritas muslim, jelas dan sohih pembuatan patung hukumnya haram, rakyat Jawa Barat jangan sampai ikut membiarkan pembangunan patung tersebut terwujud, ini adalah pekerjaan di jalan setan yg di laknat oleh ALLAH SWT.

  11. Kalau ada orang yg menolak patung Bapak Proklamator Soekarno, maka orang itu perlu sekolah lagi dari SD biar dia tau sejarah berdirinya NKRI.

  12. Anekdot patung. Biasanya tokoh yg dibuatkan patung, orangnya sudah meninggal dunia. Malaikat mencatat kebaikan dan keburukan. Bagi orang yg sudah mati maka tidak wajib lagi untuk menjalankan solat dan kebaikan lainnya. Malaikat pencatat kebaikan tidak lagi mencatat amal kebaikan tsb. Dengan dibuatkan patung maka “seolah-olah” orang itu masih hidup tetapi tidak bisa lagi menjalankan solat dllnya, sehingga Malaikat pencatat keburukan akan mencatatnya sebagai amal buruknya. Semakin lama maka catatan amal buruknya makin banyak . Tetapi ini hanya cerita anekdot saja….

  13. Anekdot patung. Biasanya tokoh yg dibuatkan patung, orangnya sudah meninggal dunia. Malaikat mencatat kebaikan dan keburukan. Bagi orang yg sudah mati maka tidak wajib lagi untuk menjalankan solat dan kebaikan lainnya. Malaikat pencatat kebaikan tidak lagi mencatat amal kebaikan tsb. Dengan dibuatkan patung maka “seolah-olah” orang itu masih hidup tetapi tidak bisa lagi menjalankan solat dllnya, sehingga Malaikat pencatat keburukan akan mencatatnya sebagai amal buruknya. Semakin lama maka catatan amal buruknya makin banyak . Tetapi ini hanya cerita anekdot saja….

  14. Yg asli warga Bandung aza nenolak apalagi yg bukan warga Bandung Jabar lebih menolak lg…mo kembali ke zaman batu…

  15. SETUJU SEKALI…
    TOLAK PEMBUATAN PATUNG SOEKARNO.
    Kita swmua menghormati beliau, tapi utk apa APBD dihambur2kan, setelah mejid Al Jabar, skrg mau buat patung.
    Utknp RK, uangnya buat sejahterakan masyarakat jabar aja kenapa sih, drpdnbuat pencitraan diri sendiri…
    Sekian tksh

  16. Jangan begitu bro Rizal. Kalau gak ada bung Karno. Mungkin anda skg tidak boleh makan di KFC, Mc d and soon or ampe matipun gak pernah injak hotel, mal atau busway. Sesama inlander saling menghormati lah. Ngerti kan maksud ana

  17. Seolah-olah penolong tapi ini sebenarnya sentimentil saja.apa karya nyatanya dia yg sudah ditorehkan dinegri NkRI ini

  18. Indonesia bukan hny soekarno aja, presiden2 sebelumnya juga hrs dihormati, jangan mentang2 si congor merah berkuasa dan merasa benar, hebat menurut mereka sendiri, tp semua hny pencitraan

  19. Kita berdoa kepada allah Moga moga jawa barat tidak jadi kota kadrun, kalau jadi kota kadrun mengenaskan kemiskinan akan mendera seperti yaman

  20. Apakah masyarakat negeri ini sudah benar-benar bebas dari kemiskinan, apakah fasilitas pendidikan sudah terpenuhi semua, apakah guru sudah sejahtera, apakah akses jalan di pedesaan sudah bagus, kalau belum alangkah lebih bermanfaatnya dana itu untuk menyelesaikan segala permasalahan di negeri ini yang masih menumpuk, apalagi yang berjasa di negeri ini bukan hanya Soekarno.

  21. Pak Ridwan Kamil kan Islam, mengapa membuat Patung SOEKARNO..–akan kembalikan ke Zaman Jahiliahkah? Zaman Nabi Ibrahim yang Memenggal Patung buatan Ayahandanya!
    TOLAK..bertentangan dg Aqidah Umat Islam/Muslim !

  22. Benar, ada kepentingan disitu… Masyarakat dan seluruh warga Bandung mayoritas muslim kenapa ada patung sampai setinggi lbh dr 20 meter. Gak nyangka RK jadi kayak begini… Teuing.laah…kumaha atuuh wargi Bandung..

  23. Sebaiknya ditolak saja, kok malah ingat dizamannya raja namrudz.
    Baguslah kalo ditolak, patung yg tidak bagus.

  24. Haus kekuasaan segala cara di tempuh, jawa barat mayoritas islam tidak butuh patung rakyat butuh kehidioan yang layak.
    Jelas sekali ini intrik politik Mr Ridwan Kamil di iming2i wapres. Rakyat Jawa Barat hatus tolak ide Partai moncong putih

  25. Paling benci sama manusia sekutukutilbabi=tapir+muna
    Biasanya jongos cina..
    Makan babi,, malamdi ent*t ..
    Makanya bela kaum tapir

  26. Selain berjasa besar bagi bangsa, Soekarno juga tercatat memiliki banyak catatan hitam. Ada MANDOR ROMUSHA, KONSEPSI aaNASAKOM, DOYAN KAWIN, DEMOKRASI TERPIMPIN, MEMBUBARKAN MASYUMI, PROTEKSI PKI, MEMENJARAKAN BUYAHAMKA dan lainnya.

  27. Mantap,,, semua mantan presiden memiliki jasa besar terhadap pembangunan negeri ini,,,, termasuk SOEHARO dan SBY,,,, GUS DUR pun demikian sebagai peletak pondasi pluralisme….. Tapi yang perlu diingat,,, apa celah-celah kurangnya dari ke 8 presiden tersebut. Indonesia menguasai dirgantara karena Habibie,,, tapi kenyataannya mahakarya tersebut sekarang menjadi rongsokan di Yogyakarta……
    MIKIR………

  28. Penghormatan bukanlah patung, patung tidak tepat , Sukarno tidak perlu di besar besarkan sekali masih ada yg lebih berjasa

  29. Heran dengan orang-orang yang benci dengan seorang Proklamator Kemerdekaan RI, emangnya mereka-mereka ini warga negara mana kok sampe menolak pembangunan Tugu Proklamator.

  30. Saya sangat setuju 1000x dgn sikap penolakan pendirian patung Soekarno di Bandung khususnya Jabar pada umumnya,,,Soekarno itu milik seluruh rakyat Indonesia,,,
    Kalau sdh berdiri misal ujung²nya nanti membangun opini bahwa Soekarno adalah BLA BLA BLA…terus dipolitisir itu milik sekelompok,,Ah lagu lama,,,MERDEKA,,,