Presiden Jokowi Mana Bisa Tahan?

6. Kemarin selama Covid-19, presiden Jokowi masih bisa tahan, karena pemerintah mendapatkan asupan utangan dari Bank Indonesia. Pemerintah berutang ke BI dalam jumlah besar. Namun sekarang lembaga internasional IMF telah melarang BI memberi utang pada pemerintah. Hal itu dinilai sebagai pelanggaran moneter yang berat. Bisa dibayangkan dari mana Presiden Jokowi akan mendapatkan utang untuk subsidi BBM solar dan BBM pertalite dan bayar bunga utang?

7. Tidak hanya beban subsidi BBM solar dan Pertalite yang menimbun pundak presiden, pemerintah tersandera uang subsidi sawit. Anggaran subsidi minyak goreng tak jelas rimbanya. Pengelolaan tidak transparan. Akibatnya minyak goreng awalnya langka. Kini minyak goreng telah dimahalkan harganya. Uang subsidi minyak goreng ke depan mesti ditanggung APBN. Darimana uangnya?

8. Pemerintah berusaha keras mendapatkan uang dengan menaikkan pajak yakni PPN menjadi 11 persen. Tapi nampaknya usaha ini akan gagal. Kenaikan PPN akan menekan konsumsi masyarakat sebagai penyumbang terbesar atau 60 persen pertumbuhan ekonomi. PPN 11 persen akan kontraproduktif dengan usaha memulihkan ekonomi.

9. Berbagai belahan dunia lain pemerintah menghapus pajak  dalam rangka mendongkrak daya beli dan konsumsi. Di AS seluruh pajak yang berkaitan dengan BBM dihapus saat ini sampai 6 bulan ke depan untuk meningkatkan konsumsi. Jika presiden Jokowi menaikkan pendapatan dari PPN 11 persen, dari mana lagi bisa dapat uang?

10. Jika tahun ini keadaan normal, maka pemerintah harus mengembalikan dana haji, dana JHT, dana pensiun yang dipinjam oleh pemerintah. Selain itu juga pemerintah harus mengembalikan dana bank yang dipinjam pemerintah sekitar Rp 1.500 triliun. Darimana uangnya untuk bayar itu semua?