Perlombaan Vaksin Covid-19 Belum Usai, Imun Tubuh Harus Kuat! (Tamat)

Arie Karimah berpesan, yang perlu dihindari: Semua suplemen atau makanan dengan klaim bisa meningkatkan sistem imun (immune booster). Pengobatan: dengan kelompok steroid (deksametason, metilprednisolon) atau immunosuppressant (Sandimmun, Cellcept).

Risiko: lebih sering/mudah mengalami infeksi jika sedang dalam masa pengobatan dengan steroid atau immunosuppressant.

Menurut Arie Karimah, setelah mempelajari beberapa kasus reaksi alergi yang parah pada vaksinasi, CDC mengeluarkan informasi yang baru:

Mereka yang pernah mengalami reaksi alergi parah yang tidak berkaitan dengan vaksin atau obat-obatan (apa saja) yang disuntikkan, misalnya: alergi makanan, bulu binatang peliharaan, debu, atau lateks tetap masih bisa mendapat vaksinasi.

Mereka yang memiliki riwayat alergi pada obat-obatan (apa saja) yang diminum, memiliki riwayat keluarga dengan reaksi alergi parah, atau pernah mengalami reaksi alergi ringan terhadap vaksin bukan Covid-19 (misal: merah, gatal, dan Bukan anafilaksis), masih bisa mendapatkan vaksinasi.

“Kalau anda berpendapat vaksinasi ini mengerikan karena bisa menyebabkan kematian, let me tell you this!” ujarnya.

Dalam catatan Arie Karimah, ini adalah orang Ketiga yang meninggal setelah divaksinasi di AS. Jumlah orang yang telah divaksinasi di AS: lebih dari 24 juta.

Jumlah yang meninggal akibat Covid-19: 443,7 ribu orang, dari total 26,3 juta kasus Covid-19 di AS (7,96% populasi). Jadi persentase kematian akibat Covid di AS: 1,7% dari total kasus, 0,13% dari seluruh populasi, atau 0,14% dari orang yang tidak terinfeksi Covid.

Jadi, “Jauh Lebih Banyak kematian yang disebabkan oleh Covid-19 dibandingkan vaksin. Begitu cara membuat apple-to-apple comparison,” simpul Arie Karimah.

Jika menyimak kasus di Jerman dan AS tersebut, yang jelas, apapun produk vaksin Covid-19 saat ini diyakini masih belum aman untuk dikonsumsi. Ini menandakan bahwa “perlombaan” vaksin belumlah selesai.

Nama besar, seperti Pfizer, belumlah jaminan. Namun, jika mengkonsumsi vaksin dengan efikasi rendah dan lebih tidak aman, seperti Sinovac, justru sebaiknya harus dihindari. (Selesai/FNN)

***

Penulis: Mochammad Thoha,  senior fnn.co.id