Perlombaan Vaksin Covid-19 Belum Usai, Imun Tubuh Harus Kuat! (1)

Pfizer mengatakan, Michael meninggal 16 hari setelah mendapat suntikan pertama vaksin Covid-19 produksi mereka. Namun, Pfizer mengatakan kasus ini “sangat tidak biasa” dan diperlukan kondisi yang parah yang bisa menyebabkan darah tidak membeku, sehingga menyebabkan pendarahan internal.

“Hemorrhagic stroke adalah stroke karena pendarahan di otak, umumnya disebabkan oleh pecahnya aneurysm, bukan rendahnya angka platelet,” ujar Arie Karimah, Pharma-Excellent alumni ITB.

Menurut Pfizer, hingga hari ini sudah ada lebih dari 5 juta warga AS yang divaksinasi dengan vaksinnya, dan Pfizer memantau dengan ketat seluruh reaksi yang tidak diharapkan (adverse effects) pada setiap individu yang menerima vaksin tersebut.

Pfizer masih beranggapan bahwa kematian itu Tidak berkaitan langsung dengan vaksinnya. CDC berjanji akan mengevaluasi kasus tersebut dan akan memberikan update secara berkala tentang apa yang sudah diketahui dan tindakan apa yang akan dilakukan.

Pada saat yang bersamaan CDC dan FDA juga tengah melacak daftar efek samping potensial melalui database elektronik nasional, yang datanya berasal dari tenaga kesehatan (nakes) dan produsen vaksin.

FDA juga mengakui, umumnya Tidak Mungkin untuk menentukan apakah problem ini benar-benar dipicu vaksin hanya berdasarkan database itu. Karena, efek samping yang dilaporkan kepada FDA bisa berkaitan dengan kondisi kesehatan, obat resep yang sedang dikonsumsi, dan faktor-faktor kesehatan lainnya.

Mengutip akun Facebook Arie Karimah (11 Januari 2021), sebuah laporan dikeluarkan oleh CDC Rabu lalu tentang reaksi terhadap suntikan pertama vaksin Pfizer. Hampir 2 juta dosis yang sudah diberikan hingga 23 Desember 2020:

Dari hampir 2 juta dosis itu, “hanya” ada 4.393 reaksi yang tidak diharapkan (adverse reactions) yang sudah dilaporkan. Ada 175 kasus yang sedang dipelajari tentang kemungkinan reaksi alergi yang parah, yang bisa mengancam nyawa (reaksi anafilaktik), sangat jarang terjadi setelah dilakukan vaksinasi.

Ditemukan 21 kasus alergi, termasuk di dalamnya 17 orang yang Memang punya riwayat alergi. Dari sini disimpulkan, reaksi alergi terhadap vaksin Pfizer termasuk “langka/jarang”, namun kesimpulan ini dibuat berdasarkan data yang masih terbatas.

Juru bicara otoritas kesehatan setempat mengatakan: memang terlalu dini untuk mengatakan bahwa vaksin mempunyai efek terhadap kematian Michael. Namun satu hal yang sudah pasti: Michael berada dalam kondisi kesehatan yang baik sebelum divaksinasi. (Bersambung/FNN)

Penulis: Mochammad Thoha, Wartawan Senior FNN.co.id.