Pak Jokowi, Carilah Lailatilqadr

Kapan Lailatilqadr?

Peristiwa lailatilqadr itu terjadi pada malam-malam ganjil, sepuluh malam terakhir Ramadhan seperti dikemukakan Nabi Muhammad SAW: Sungguh aku diperlihatkan lailatul qadar, kemudian aku dilupakan–atau lupa- maka carilah ia di sepuluh malam terakhir, pada malam-malam yang ganjil. (Muttafaq ‘alaih).

Hal ini diperkuat Riwayat Aisyah, istri Rasulullah SAW yang mengatakan: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam beriktikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan dia bersabda, yang artinya: Carilah malam Lailatulqadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan” (HR Bukhari dan Muslim).

Simpulannya, pak Jokowi dan saya harus menyemarakkan 10 hari terakhir Ramadhan dengan shalat, zikir, membaca Qur’an, tahajjud, sedekah, dan ittikaf di masjid atau mushala.

Tanda-tanda Lailatilqadr

Tanda-tanda hadirnya malam lailatilqadr, menurut Rasulullah SAW dapat dilihat dari empat suana:

Pertama: “Matahari terbit pada pagi hari (yang malamnya merupakan malam Lailatul Qadar) tanpa cahaya yang menyilaukan. Ini seakan-akan seperti belanga hingga meninggi.” (HR Muslim).

Kedua: Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, “Kami pernah berdiskusi tentang Lailatul Qadar di sisi Rasulullah SAW. Kemudian beliau SAW bersabda, “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.” (HR Muslim).

Ketiga: “Ini (Lailatul Qadar) adalah malam yang cerah. Tidak panas maupun dingin. Kemudian, di pagi harinya (setelah melewati Lailatul Qadar), matahari bersinar dengan warna merah yang lemah.” (HR Ibnu Huzaimah).

Keempat: “Lailatul Qadar ialah malam yang tenang. Tidak panas dan tidak pula dingin. Tidak ada mendung, hujan dan angin. Juga tidak ada bintang yang dilemparkan.” (HR Ath-Thabrani).

Simpulannya, ketika malam lailtilqadr, bulan waktu itu berbentuk separuh nampan. Malamnya cerah dan tidak panas maupun dingin. Tidak ada mendung, hujan, dan angin.

Bahkan, tidak ada bintang terlempar. Pagi harinya, matahari bersinar dengan warna merah dan lemah serta tidak menyilaukan mata.