Mati Berdiri Ala Indonesia

Mati Berdiri Ala Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh Yusuf Blegur

Ini bukan puisi. Apalagi ilusi. Juga bukan imajinasi. Mungkin mirip seperti kontemplasi. Bercampur dengan obsesi yang tak menjadi hakiki. Ini tentang sunyinya aspirasi. Mencoba setengah revolusi, meski tertatih-tatih dan di ambang frustasi.

Negaranya kaya luar biasa. Sumber daya alamnya di mana-mana. Sayangnya bukan anak negeri yang menguasai dan mengelola. Buminya berlimpah harta. Rakyat membayar 405 Triliun sekedar bunganya.

Sementara hutang pokoknya negara tak terkira. Rakyat hidup sengsara, juga ditambah menanggung pajak beraneka. Ada yang hidup miskin semakin miskin, ada yang hidup kaya semakin kaya.

Pejabatnya hidup dari jatah proyek negara. Pemimpinnya menikmati komisi pembangunan yang sia-sia.

Banyak tokoh menjual citra dan basa basi. Pemerintah dan politisi beraksi dengan janji-janji. Pucuk birokrasi menjadi tirani sambil membunuh demokrasi. Kekuasaan keji tak punya hati, tak punya nurani.

Haus gengsi dan puja puji. Bawahan setia menjadi keset dan anjing penggonggong. Koalisi terus menjulur lidahnya, menjilat-jilat ke sana-sini. Merapat saling bersiasat dalam konspirasi.

Lapar kenikmatan dunia tak bertepi. Berkerumun berebutan menyantap oligarki. Menikmati hegemoni dan dominasi politik ekonomi.