Lehman Timur

Pemerintah langsung turun tangan. Keuangan proyek itu diambil alih. Uang cicilan konsumen diblokir: harus hanya untuk menyelesaikan proyek. Tidak boleh untuk membayar utang.

Bank-bank lokal juga melonggarkan kredit kepada kontraktor. Agar proyek yang terkait dengan rakyat tadi teratasi.

Maka, minggu lalu, beberapa proyek mulai jalan lagi. Evergrande memang mempunyai hampir 2.000 proyek di seluruh Tiongkok. Bikin proyek gedung pencakar langit seperti membuka kafe saja. Evergrande punya proyek di 250 kota-sebut saja secara ngawur satu nama kota di Tiongkok, pasti mengandung proyek Evergrande.

Proyek pun mulai jalan lagi. Si pembawa pisau tidak jadi bunuh diri.

Proyek Evergrande yang juga harus tetap jalan adalah ini: stadion sepak bola. Di Guangzhou. Yang desainnya ajaib. Dilihat dari jauh bentuk stadion itu seperti kumpulan bunga teratai. Yang kalau malam warnanya bisa berubah mengikuti perubahan warna lampu. Biayanya Rp 20 triliun. Arsiteknya: Hasan Syed. Anda tidak boleh purapura lupa siapa ia. Begitu banyak proyek yang di desain Hasan Syed di Tiongkok. Serba monumental.

Nama besar Hasan Syed tidak kalah dengan arsitek wanita kelahiran Baghdad, Irag: Dame Zaha Mohammad Hadid. Arsitek wanita ini juga begitu laris di Tiongkok. Begitu banyak proyek Dame Zaha di berbagai kota besar di sana. Allahumaghfirlaha. Belum lama dia meninggal dunia.

Stadion Rp 20 triliun itu dibangun untuk menggantikan stadion raksasa yang menurut perasaan saya masih baru: dibangun menjelang Asian Games dilangsungkan di Tiongkok, 10 tahun lalu.

Evergrande memang serius menangani sepak bola. Klub Evangrande sering juara di sana. Mantan kiper Persebaya Zeng Cheng, pindah ke sana 8 tahun lalu —dan di awal musim ini Persebaya lebih banyak kalahnya.

Perusahaan raksasa Tiongkok memang berlomba terjun ke sepak bola. Itu terjadi sejak Xi Jinping begitu gelisah: kapan sepak bola Tiongkok bisa maju. Bisa seperti di Eropa atau Amerika Latin.

Tiongkok begitu ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia. Tapi sepak bolanya kalah terus. Pun dari Jepang dan Korea.